BERITA

Jokowi Pastikan Pengganti Patrialis Melalui Pansel

Jokowi Pastikan Pengganti Patrialis Melalui Pansel


KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo memastikan akan menggelar rekrutmen terbuka untuk memilih hakim konstitusi pengganti Patrialis Akbar. Kata dia, rekrutmen akan dilakukan oleh tim panitia seleksi, sehingga masyarakat juga bisa berpartisipasi dengan memberikan masukan.

Jokowi berharap  nantinya akan terpilih hakim MK yang berkualitas dan berintegritas.

"Ya nanti kalau sudah mendapatkan laporan secara penuh, kemudian juga ada permintaan ke kita juga akan segera kita tindak lanjuti, tentu saja akan kita lakukan. Rekrutmennya dengan pola terbuka, dengan pansel, sehingga masyarakat bisa memberikan masukan-masukan," kata Jokowi di sela kunjungan kerja ke Boyolali, Jawa Tengah sebagaimana rilis dari Biro Pers Istana, Senin (30/1/2017).

Jokowi melanjutkan, "saya kira cara-cara itu yang ingin kita lakukan, dan yang akan kita dapatkan yang mempunyai kualitas, integritas, yang mempunyai kemampuan untuk duduk di MK."

Rabu (25/1/2017) pekan lalu, hakim konstitusi Patrialis Akbar ditangkap KPK dalam operasi tangkap tangan (OTT) di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta Pusat. Sehari setelahnya, KPK menetapkan Patrialis sebagai tersangka penerima suap terkait gugatan uji materi Undang-undang No 41 tahun 2014 itu.

KPK juga menetapkan tiga orang lain sebagai tersangka. Salah satunya pengusaha impor daging, Basuki Hariman yang diduga memberikan suap.


Editor: Rony Sitanggang

  • hakim mk patrialis akbar
  • presiden joko widodo

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!