BERITA

Jack Ryan: Shadow Recruit, Menyelamatkan Wall Street dari Serangan Teroris

"KBR68H, Jakarta "

Doddy Rosadi

Jack Ryan: Shadow Recruit, Menyelamatkan Wall Street dari Serangan Teroris
jack ryan, chris pine, kevin costner

KBR68H, Jakarta – Sudah ada tiga aktor yang memerankan karakter Jack Ryan di film layar lebar. Pertama, Alec Baldwin dalam The Hunt for the Red October, lalu Harrison Ford dalam Patriot Games dan Clear and Present Danger serta Ben Affleck di film The Sum of All Fears.

Kini, Chris Pine – aktor yang naik daun lewat film Star Trek dan Unstoppable – dipercaya untuk memerankan tokoh Jack Ryan, yang diciptakan oleh novelis kondang Tom Clancy. Dalam film Jack Ryan: Shadow Recruit, sutradara Kenneth Branagh, yang juga tampil sebagai tokoh antagonis Victor Cheverin, menampilkan sosok Jack Ryan sebagai seorang analis keuangan di Wall Street.

‘Jack Ryan adalah bekas marinir yang mengalami luka parah ketika bertugas di Afghanistan. Dia direkrut oleh bos CIA Thomas Harper (Kevin Costner). Tugas utama Ryan adalah mengawasi perputaran uang yang mencurigakan di Wall Street. Sebelum melakukan tugas itu, Jack Ryan harus sekolah lagi untuk mendapatkan gelar Doktor.

Ketika sudah bekerja di Wall Street, Ryan melihat sebuah transaksi yang mencurigakan dari salah satu klien perusahaan tempat dia bekerja. Ryan melaporkan transaksi mencurigakan itu kepada atasannya di Wall Street dan juga di CIA. Victor Cheverin, banker asal Rusia ternyata masuk dalam daftar CIA sebagai orang yang berencana untuk menyerang Amerika Serikat.

Jack Ryan pun ditugaskan untuk mengaudit perusahaan Victor, tugas yang diberikan oleh bos tempat dia bekerja. Sedangkan CIA meminta Ryan untuk mengakses komputernya untuk mengetahui rencana yang tengah disusun banker tersebut. Dalam menjalankan tugasnya, Ryan tidak pernah memberitahu atasannya di Wall Street bahwa dia juga bekerja kepada CIA.

Dia juga tidak memberitahu tunangannya, Cathy Mueller (Kiera Knightely) tentang kehidupan lainnya selain sebagai seorang analis keuangan. Permasalahan muncul ketika Mueller secara tiba-tiba muncul di hotel tempat Ryan menginap. Ketika itulah, Ryan harus melanggar sumpahnya dan memberitahu Mueller bahwa dia bekerja untuk CIA.

Harper kemudian meminta Ryan untuk tetap mengajak Mueller mrnghadiri undangan makan malam dari Victor. Rencananya, Mueller akan menjadi pengalih perhatian ketika Ryan masuk ke ruangan komputer Victor. Semua berjalan sesuai dengan rencana. Ryan bisa mengcopy data dari omputer Victor. Harper pun mengetahui target serangan Victor di Amerika yaitu Wall Street.

Namun, Harper dan juga CIA tidak tahu bagaimana anak buah Victor yagn menyamar sebagai agen selama puluhan tahun di Amerika akan menyerang Wall Street. Apabila rencana tersebut tidak digagalkan, maka perekonomian Amerika bisa lumpuh. Menghancurkan Wall Street sama saja dengan melumpuhkan Amerika dari sisi perekonomian.

Kenneth Branagh masih tetap berpegang kepada karakter Jack Ryan asli buatan Tom Clancy. Seorang mariner yang terluka di Afghanistan lalu melanjutkan karirnya sebagai agen yang menyamar di Wall Street. Chris Pine memerankan tokoh Jack Ryan di usia 33 tahun, sama dengan usia Alec Baldwin ketika menjadi Jack Ryan di The Hunt for Red October.

Kevin Costner yang sudah tidak muda lagi, 59 tahun pada tahun ini, masih belum kehilangan kharismanya sebagai Thomas Harper. Mungin tidak banyak yang tahu, Costner menolak tawaran untuk tampil sebagai Jack Ryan di The Hunt for Red October. Dia memilih untuk konsentrasi dalam debutnya sebagai sutradara film Dances with Wolves, film yang membuatnya meraih Oscar.

Jack Ryan memang belum sehebat agen rahasia 007 ciptaan Ian Flemming atau tidak seflamboyan Jason Bourne. Jack Ryan adalah sosok intelijen muda yang pintar dan punya kemampuan survival yang didapatnya ketika masih menjadi seorang marinir. Dalam novel Tom Clancy, Jack Ryan dipercaya sebagai penasihat Presiden Amerika yang kemudian dibuat filmnya yaitu Clear and Present Danger.

Bukan tidak mungkin, Chris Pine akan kembali memerankan Jack Ryan dalam film-film berikutnya, dengan catatan Jack Ryan: Shadow Recruit berhasil meraih sukses secara komersial.

  • jack ryan
  • chris pine
  • kevin costner

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!