BERITA

DPD Pertuni Jawa Timur: KPU Belum Akomodasi Kebutuhan Tunanetra

"Komisi Pemilihan Umum (KPU) dinilai belum maksimal dalam mengkakomodir kaum tuna netra untuk menyongsong pemilihan umum 2014."

Adhar Muttaqin

DPD Pertuni Jawa Timur: KPU Belum Akomodasi Kebutuhan Tunanetra
pemilu, tunanetra

KBR68H, Tulungagung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) dinilai belum maksimal dalam mengakomodir kaum tuna netra untuk menyongsong pemilihan umum 2014. 


Ketua DPD Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Jawa Timur, Sudarmaji mengatakan, hingga saat ini KPU Jawa Timur belum melakukan kerjasama dengan organisasinya. Bahkan beberapa KPU kabupaten/kota sama sekali belum berkomunikasi dengan Pertuni.


"(Sebetulnya) Kami menganjurkan tidak golput, karena Itu adalah sikap yang tidak demokratis. Kebetulan rumah saya di Jombang, jadi di tempat saya itu KPU sudah bekerjasama dengan baik dengan Pertuni. Tapi untuk provinsi masih belum ada kerjasama," kata Ketua Pertuni Jatim, Sudarmaji.


Sudarmaji menambahkan, dari pengalaman sebelumnya, sejumlah anggota Pertuni mengaku tidak pernah mendapatkan alat bantu mencoblos seperti yang pernah dijanjikan pemerintah. 


Sementara itu, Ketua Pertuni Kota Blitar, Sunaryo mengatakan setiap kali menggunakan hal pilihnya dalam pemilu, ia selalu dibantu oleh istrinya, sedangkan alat bantu berupa template atau alat bantu pencoblosan berhuruf braile tidak pernah diberikan panitia pemungutan suara. 


Editor: Antonius Eko 

  • pemilu
  • tunanetra

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!