ARTIKEL PODCAST

Siap-siap Mudik dan Kekerasan Terhadap Anak

"Tips mudik aman dan nyaman."

Tim FOMO Sapiens

mudik dan anak
Ilustrasi highlight berita sepekan. (FOTO: KBR)

KBR, Jakarta - Road Safety Association (RSA) mengapresiasi sejumlah strategi pemerintah mengantisipasi lonjakan arus mudik Lebaran 2024. Upayanya antara lain contraflow, one way, razia barang bawaan berlebih hingga buku panduan Mudikpedia. Puncak arus mudik dimulai 6-8 April 2024.

Meski demikian, lonjakan pemudik dengan kendaraan pribadi tetap tidak terhindarkan. Pemudik dengan mobil pribadi diperkirakan sebanyak 35,42 juta orang sementara pemudik sepeda motor 31,12 juta orang. Dewan Pengawas RSA Rio Octaviano menyoroti penindakan hukum pada pemudik yang membawa beban berlebih selama perjalanan.

"Kadung di tengah jalan gembolan banyak lalu disuruh balik, bakalan ribut. Antisipasi itu bukan dari penegakan hukum di lapangan tapi sudah dimulai dari kantong-kantong pemudik. Perumahan, masyarakat, dari situlah dimulai intervensi. Pemerintah jangan lagi berpikirnya ke hilir, sudah terlambat karena hulu-nya sudah jalan," kata Rio dalam wawancara dengan KBR pada Kamis (04/04).

Lanjut Rio, penindakan pelanggaran lalu lintas selama mudik lewat tilang elektronik pun tetap harus dilakukan.

"Tidak dilakukan penindakan di tempat. Tetap penindakan dilakukan setelah mudik. Karena peningkatan mudik 60 persen itu tidak main-main, penindakan harus tegas dan jelas. Kalo tilang ditempat nggak akan jalan deh dengan jumlah orang jutaan gini. Hilang satu, yang lain sibuk foto-foto terus masukin ke TikTok," katanya.

Baca juga:

    Rio juga mewanti-wanti para pemudik untuk melakukan sejumlah persiapan agar tetap aman dan nyaman selama perjalanan mudik Lebaran 2024.

    "Trip planning itu wajib dilakukan selain juga mempersiapkan kondisi kesehatan kendaraan dan kondisi kesehatan dari si pemudik. Kalo di RSA kita pake metode keselamatan jalan pakai segitiga RSA; rules, skills, and attitude. Patuhi peraturan, ketahui keterampilan berkendara kita, yang ketiga adalah bagaimana kita beretika atau memiliki attitude beretika di jalan raya," tutupnya.

    Simak bahasan selengkapnya di FOMO Sapiens pekan ini bersama Eky Priyagung dan Aika. Akan ada juga bahasan soal peningkatan kasus kekerasan terhadap anak dan sertifikat elektronik siap nikah dan hamil (elsimil) jadi syarat nikah.

    *Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke [email protected]

    • #FOMOSapiens
    • #KBRPrime
    • #mudik
    • #lebaran
    • #kekerasan
    • #anak
    • #elsimil
    • #nikah
    • #syarat

    Komentar

    KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

    • nama samarana month ago

      ????? menyalaa