hoaks

ARTIKEL PODCAST

Cek Fakta: Puluhan Rumah di Tulungagung Roboh Akibat Puting Beliung

"Cek Fakta: Puluhan Rumah di Tulungagung Roboh Akibat Puting Beliung"

Top 3 hoax of the week. (dok. TurnBackHoax)

KBR, Jakarta – Inilah top three hoax of the week yang beredar dari 15-21 Maret 2024. Berikut hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Twitter/X @TurnBackHoax bersama Co-Founder dan Fact-Check Specialist Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo) Aribowo Sasmito.

hoaks

Sebuah video di Instagram menampilkan beberapa orang mengupas buah salak yang didalamnya berisi butiran berwarna putih dengan narasi yang menyatakan bahwa buah salak tersebut berisi narkoba dari Cina.

Kabarnya, ada video identik dengan video klaim tersebut dari unggahan Channel YouTube Official iNews yang diunggah pada 1 Oktober 2020 dengan judul “Petugas Lapas di Jombang Gagalkan Penyelundupan Sabu dalam Buah Salak – iNews Sore 01/10”. Kala itu, petugas Lapas Kelas II B Jombang, Jawa Timur menggagalkan penyelundupan obat terlarang dalam buah salak.

hoaks

Konten seputar Pemilu 2024 masih mewarnai media sosial Facebook. Terbaru, sebuah akun Facebook Ptran Jr. memposting sebuah gambar beberapa anak yang berseragam sekolah sedang memasang foto Capres Anies Baswedan dan Cawapresnya, Muhamin Iskandar (Cak Imin).

Postingan yang diunggah pada 2 Maret 2024 pukul 13.06 tersebut disertai caption, “Belum resmi dilantik aja sudah mau di pasang, presiden kita ????”.

Ternyata, setelah ditelusuri gambarnya dengan Google image, ditemukan foto identik pada website sebuah media.

Baca juga:

hoaks

Beredar sebuah unggahan video di Youtube mengeklaim pada judul angin puting beliung robohkan puluhan rumah di Tulungagung. Unggahan itu dibuat pada 11 Maret 2024.

Namun, setelah disimak ternyata narator hanya membacakan sebuah artikel yang diunggah oleh Radar Tulungagung yang berjudul “Diterjang Angin Puting Beliung, 13 Rumah di Boyolangu Tulungagung Rusak”. Dalam artikel tersebut tidak dijelaskan bahwa angin puting beliung yang menerjang Tulungagung menghancurkan puluhan rumah.

Sementara itu, ternyata fenomena tersebut terjadi pada 4 Maret 2024. Hujan deras yang disertai angin kencang tersebut mengakibatkan 13 rumah di Desa Waung alami kerusakan bagian atap. Adapun kondisinya berupa atap genteng berjatuhan hingga atap asbes hancur terbawa angin.

Ingin tahu info lengkap soal Top Three Hoax of The Week? Simak podcast Cek Fakta di link berikut ini: