Top 3 Hoax of the week

ARTIKEL PODCAST

Cek Fakta: DBD di Brazil Melonjak 400% Pasca Peluncuran Nyamuk Bersenjata Bill Gates

"Top 3 Hoax of the week"

Senin 01 Apr 2024, 16.50 WIB

Top 3 Hoax of the week

KBR, Jakarta- Inilah top three hoax of the week yang beredar dari 22-28 Maret 2024. Berikut hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Twitter/X @TurnBackHoax bersama Co-Founder dan Fact-Check Specialist Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo) Aribowo Sasmito.

Top 3 Hoax of the week

Beredar sebuah pesan berantai dalam bentuk video yang memperlihatkan kondisi setelah gempa bumi yang terjadi di Jawa Timur pada 22 Maret 2024. Di video tersebut terlihat banyak rumah roboh hingga jalan aspal yang menjulang naik dan terpisah.

Narasi yang beredar di video yang diklaim menunjukkan dampak gempa Tuban itu dibagikan di Facebook. Narasi yang dibagikan adalah "Gempa di Tuban Dampak Bencana Gempa Siang ini di Tuban_"

Top 3 Hoax of the week

Tersebar informasi di portal daring yang menyebut kalau nyamuk dengan rekayasa genetika yang didanai oleh Bos Microsoft, Bill Gates jadi penyebab melonjaknya demam berdarah dengue (DBD) di Brasil hingga 400%.

Bill Gates memang peduli soal demam berdarah yang jadi masalah di berbagai belahan dunia. Gates juga mendanai program nyamuk Wolbachia untuk menekan kasus penyebaran DBD.

Meski demikian, bagaimana dengan berita yang menyatakan adanya lonjakan kasus DBD di Brazil tersebut?

Baca juga: 

Top 3 Hoax of the week

Beredar kabar yang membagikan narasi jika Labuan Bajo, NTT baru aja diguncang oleh gempa bumi berkekuatan sebesar 10,9 magnitudo dimana kekuatan gempa sebesar itu berpotensi tsunami.

Ternyata isi dari video tersebut hanya menjelaskan jika gempa yang terjadi di Labuan Bajo tersebut hanya memiliki kekuatan sebesar 3,7 magnitudo.

Bagaimana pembahasan lengkap Top Three Hoax of The Week? Yuk simak podcast Cek Fakta bareng Adinda Astari di link berikut ini: