BERITA

Ribuan Debitur Terdampak Erupsi Gunung Semeru

"Sebagian besar di antaranya nasabah kredit pertanian."

Ribuan Debitur Terdampak Erupsi Gunung Semeru
Ilustrasi petugas bank menghitung lembaran mata uang rupiah. Foto: Setkab.go.id

KBR, Jember- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jember, Jawa Timur, mencatat ada lebih dari 2.700 debitur atau nasabah terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang.

Menurut Pelaksana Harian (Plh) Kepala OJK Jember Zulkifli, mereka ialah nasabah tiga bank umum dan enam bank perkreditan rakyat (BPR) yang ada di wilayah sekitar gunung berapi tersebut. Total dana yang dipinjam ribuan debitur itu mencapai Rp102,5 miliar. Sebagian besar di antaranya nasabah kredit pertanian.

Kata dia, OJK menyerahkan sepenuhnya nasib mereka kepada pihak bank dan lembaga jasa keuangan (LJK) masing-masing. Menurutnya, bank bisa memberikan keringanan melalui program restrukturisasi.

"Ini restrukturisasi berbeda, bukan restrukturisasi dalam artian COVID-19. Tapi, restrukturisasi secara regular, dan ini dituangkan oleh OJK dalam bentuk Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK). Jadi, LJK dapat memberikan keringan kepada debitur-debitur yang terdampak tersebut melalui ketentuan yang sudah disiapkan oleh OJK. Dalam hal ini bank atau LJK diberikan keleluasaan untuk menggunakan ketentuan ini," ujar Zulkifli, Rabu (8/12/2021).

Baca juga:

Pelaksana Harian (Plh) Kepala OJK Jember Zulkifli menambahkan, kawasan yang paling terdampak awan panas guguran Gunung Semeru berada di dua kecamatan di Lumajang, yaitu, Pronojiwo dan Candipuro.

Namun, sejauh ini OJK memantau sejumlah kantor bank dan lembaga jasa keuangan (LJK) yang berada di wilayah tersebut masih beroperasi secara normal.

Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, erupsi, pada Sabtu (4/12). Bedasarkan data dari Pos Komando (Posko) Tanggap Darurat Bencana Semeru, korban meninggal bertambah menjadi 34 orang. Sedangkan korban hilang 22 orang.

Selain korban jiwa, sebanyak 4.250 orang mengungsi di 19 titik pengungsian. Kemudian terdapat 5.205 unit rumah rusak dengan tingkat kerusakan bervariasi.

Editor: Sindu

  • OJK
  • OJK Jember
  • Otoritas Jasa Keuangan
  • Korban Erupsi Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur
  • Nasabah terdampak erupsi gunung semeru
  • Erupsi Gunung Semeru
  • Korban Gunung Semeru
  • Perbankan
  • restrukturisasi kredit

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!