NUSANTARA

Banjir Longsor Terjang Trenggalek dan Tulungagung

"Sejumlah wilayah di Tulungagung dan Trenggalek, Jawa Timur diterjang bencana banjir dan tanah longsor."

longsor

KBR, Tulungagung - Sejumlah wilayah di Tulungagung dan Trenggalek, Jawa Timur diterjang bencana banjir dan tanah longsor.

Di Tulungagung banjir terjadi di Desa Talunkulon dan Nglampir, Kecamatan Bandung, serta desa Ngentrong, Kecamatan Campurdarat.

Kapolsek Bandung Dadang Triyanto mengatakan banjir di wilayah terjadi akibat limpahan air dari wilayah pegunungan sekitarnya.

Sejumlah rumah penduduk terpendam banjir, bahkan jalur ruas jalan nasional Bandung-Prigi terputus akibat tergenang banjir.

"Gunungnya itu memutar dari Sukoharjo sampai Watulimo, jadi curah hujan yang dari gunung semuanya turun ke bawah lewat sungai. Otomatis karena sungainya kecil tidak muat. Akhirnya keluar semua," kata Dadang Triyanto melalui sambungan telepon, Senin (3/10/2022).

Baca juga:


Sementara itu tanah longsor di Tulungagung terjadi di wilayah Kecamatan Pagerwojo dan Besuki.

Di wilayah Trenggalek, banjir sempat terjadi di Desa Tasikmadu dan Prigi, Kecamatan Watulimo.

Tanah longsor terjadi di sejumlah desa di Kecamatan Watulimo, Bendungan dan Kecamatan Panggul. Akibatnya beberapa rumah penduduk rusak.

Rentetan bencana alam ini terjadi akibat tingginya curah hujan sejak Senin dini hari.

Editor: Agus Luqman

  • longsor
  • banjir
  • hidrometeorologi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!