NASIONAL

Survei Elektabilitas Parpol Charta Politika: PDI Perjuangan Masih Jadi Juara

"elektabilitas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menduduki peringkat teratas di angka 23,5 persen."

Survei Elektabilitas Parpol Charta Politika: PDI Perjuangan Masih Jadi Juara

KBR, Jakarta - Hasil survei Charta Politika Indonesia menyebut elektabilitas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menduduki peringkat teratas di angka 23,5 persen.

"PDI Perjuangan masih jadi juara dengan angka 23,5 persen. Kalau kita lihat trennya ada kecenderungan PDIP mulai menapak naik. Walaupun belum sama dengan angka elektabilitas sebelumnya yang di angka 24 persen, tetapi setelah dua kali turun di September dan November, PDIP naik kembali," kata Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya, dikutip dalam kanal youtube Charta Politika Indonesia, Kamis (22/12/2022).

Yunarto mengatakan, mengatakan PDIP masih menjadi juara memikat kepercayaan publik melampaui partai-partai politik yang lain.

"PDIP konsisten menunjukkan eksistensinya," katanya.

Yunarto melanjutkan, survei Charta Politika menunjukkan, untuk elektabilitas partai di peringkat kedua diduduki Partai Gerinda dengan 13,7 persen.

"Disusul Partai Golkar di peringkat ketiga dengan angka 9,0 persen," imbuhnya.

Pilihan redaksi: 

Survei Charta Politika ini dilakukan pada 8 hingga 16 Desember 2022. Survei dilakukan dengan teknik wawancara kepada 1.220 responden dengan cara tatap muka. 

Selain elektabilitas partai-partai politik di Indonesia, Charta Politika Indonesia juga melakukan survei tingkat kepuasan masyarakat di kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Editor: Kurniati Syahdan

  • elektabilitas parpol
  • PDI Perjuangan
  • Gerindra
  • Golkar
  • Charta Politika Indonesia

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!