NASIONAL

Jokowi Ingin Produksi Beras Indramayu Naik saat Meresmikan Waduk Sadawarna

"Presiden Joko Widodo menginginkan produksi beras di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, naik. "

Jokowi Ingin Produksi Beras Indramayu Naik saat Meresmikan Waduk Sadawarna

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo menginginkan produksi beras di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, naik. Itu disampaikan Jokowi saat meresmikan Bendungan Sadawarna di Kabupaten Sumedang, Selasa, 27 Desember 2022.

Kata Jokowi, fasilitas waduk yang menghabiskan anggaran triliunan rupiah itu mesti dimanfaatkan dengan benar dalam produksi pertanian.

"Waduk ini menghabiskan anggaran Rp2,65 triliun, bukan uang sedikit. Jadi kalau waduknya sudah ada, nanti Indramayu tidak naik produksi padinya, awas," kata Jokowi.

Jokowi mengungkapkan, Indramayu adalah penyumbang surplus nomor satu terbesar di Indonesia.

"Dan kita harapkan tidak turun, tetapi naik seperti tadi Pak Gubernur menyampaikan, dari 1,3 juta ton menjadi 1,8 juta (ton) untuk Kabupaten Indramayu," katanya.

"Saya juga ingin menyampaikan terima kasih kepada bupati Sumedang dan seluruh masyarakat di Sumedang yang telah merelakan airnya untuk mengairi sawah-sawah yang ada di Indramayu. Tadi, Pak Bupati menyampaikan, 'ikhlas Pak, ikhlas Pak'," imbuh presiden.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Indramayu, produksi beras di sana pada 2019 mencapai 1.376.430 ton, kemudian pada 2020 menjadi 1.363.311 ton, dan turun menjadi 1.319.624 ton pada 2021.

Baca juga:

Waduk dengan luas genangan 680 hektare ini bisa mengairi sekitar 4.280 hektare sawah yang ada di bawahnya.

"Kita harapkan, dengan banyaknya waduk-waduk yang telah dibangun di seluruh tanah air Indonesia, kita berharap produktivitas padi utamanya, dan komoditas hortikultura dan yang lain-lainnya bisa naik dan ketahanan pangan kita semakin baik, kemandirian pangan kita semakin baik," ujarnya.

Bendungan Sadawarna adalah bendungan ke-33 yang diresmikan Jokowi. Pembangunan Waduk Sadawarna dimulai sejak 2018.

Editor: Sindu

  • Bendungan Sadawarna
  • Waduk Sadawarna
  • Produksi Beras Indramayu

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!