NASIONAL

Cek Fakta: Narasi yang Mengklaim Gencarnya Kristenisasi Kampung Palalangon Cianjur?

"Top three hoax of the week yang beredar dari tanggal 8 - 14 Desember 2022, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @turnbackhoaxid. "

Cek Fakta: Narasi yang Mengklaim Gencarnya Kristenisasi Kampung Palalangon Cianjur?

Beredar informasi melalui akun Facebook dengan narasi “Kampung Palalangon Cianjur daerah kristen 100%, kebaktian kaum hawanya memakai jilbab.” Konten itu menjadi salah satu dari tiga teratas cek fakta yang mendapat sorotan sepanjang pekan lalu. Apa saja lainnya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 8 - 14 Desember hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @turnbackhoaxid:

Video dan Narasi bahwa Jokowi yang Kalian Benci Membalas dengan Membangun Sumbar dengan Sepenuh Hati.

Sebuah akun twitter bernama mengunggah video yang menampilkan terowongan membelah bukit di suatu daerah. Pada narasi yang ditambahkan dalam video tersebut, diklaim meskipun ada warga Sumatera Barat yang benci Presiden Jokowi, Jokowi membalas membangun Sumatera Barat dengan sepenuh hati.

Video yang Diklaim Detik-Detik Ular Piton Telat Seorang Bocah Hidup-Hidup, Sang Ayah hanya Bisa Pasrah

Sebuah akun Facebook mengunggah sebuah artikel yang menginformasikan seekor ular piton menelan seorang anak hidup-hidup. Artikel tersebut juga menyertakan foto thumbnail video seorang anak duduk di atas ular piton dan seekor piton yang sudah menelan sesuatu.

Narasi yang Mengklaim Gencarnya Kristenisasi Kampung Palalangon Cianjur

Beredar informasi melalui akun Facebook dengan narasi yang mengklaim gencarnya Kristenisasi dan bahwa Kampung Palalangon Cianjur daerah kristen 100%, kebaktian kaum hawanya memakai jilbab.

Bagaimana penelusuran dari ketiga hoaks tersebut? Simak pembahasannya di Podcast Cek Fakta bersama Don Brady dan Aribowo Sasmito Co-Founder dan Fact-check Specialist Mafindo, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia berikut ini:

Kami menantikan masukan kamu lewat: [email protected] sampai jumpa di episode berikutnya

Baca Juga: Cek Fakta: Video dan Narasi Kebaktian Memakai Jilbab, Sebelum Gempa Terjadi di Cianjur?

  • cekfakta
  • cek fakta
  • hoaks
  • hoax
  • mafindo

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!