NASIONAL

Rasa Hampa Mendera Usai Serial Kesayangan Tamat?

"Depresi melanda usai serial kesayangan tamat dibahas asik di podcast Diskusi Psikologi!"

Podcast Diskusi Psikologi
Podcast Diskusi Psikologi

KBR, Jakarta- Sedih, gundah gulana, atau perasaan tidak mau berpisah dari oppa-oppa di drama Korea ini kerap melanda para pecinta drakor saat drakor yang dibintanginya tamat. Betapa tidak, seri televisi asal negara gingseng ini memang lagi digandrungi warga di tanah air. Beberapa drama yang dituding bertanggung jawab bikin penggemarnya gagal move on adalah 'Little Women', 'Business Proposal', 'Extraordinary Attorney Woo', 'Twenty-Five Twenty-One', 'My Liberation Note', 'Thirty Nine', dan gak ketinggalan ‘Yumi's Cells 1 dan 2’.

Tak sedikit penonton ngaku ikut terbawa suasana drama. Ikutan gemas sama scene yang romantis, ikut nangis karena tokoh utamanya patah hati, atau ikut marah gara-gara ada aja konfliknya. Lalu gimana pula perasaannya kalau series-nya itu tamat?

Pernah dengar soal post series depression syndrome? Psikolog Klinis Anak dan Remaja dari Biro Psikologi Fathom, Ika Amalia menjelaskan post series depression syndrome bisa diartikan sebagai bentuk depresi yang dirasakan ketika seseorang selesai menonton series tertentu, seperti drama Korea.

“Setelah seseorang itu menyelesaikan sebuah series, nah maka timbullah gejala-gejala yang mirip gejala depresi. Jadi post series depression adalah gejala depresi yang timbul ketika orang sudah menyelesaikan sebuah series tertentu. Enggak hanya terbatas film saja ya, komik, hal-hal yang berseri. Ketika sudah tamat, selesai, enggak ada terusannya, nah penggemarnya ini tuh sedih. Ketika sedih berkepanjangan, bisa timbul gejala depresi,” kata Ika dalam Podcast Disko Episode ‘Rasa Hampa Mendera Usai Serial Kesayangan Tamat’.

Baca juga:

Pemujaan Idol sampai Segitunya

Stop Blow Up Identitas Korban Kekerasan Seksual Demi Konten!

Cek Fakta: Foto Girl Band Twice Seolah Konser di Depan Pendukung Persib?

Menurut Ika, ada ciri-ciri atau gejala seseorang mengalami post series depression syndrome, yaitu:

●Merasa sedih

●Merasa hampa

●Waktu terasa berhenti

●Nafsu makan turun atau naik

●Kehilangan minat terhadap apapun

Gejala post series depression syndrome sebetulnya mirip dengan gejala seorang mengalami depresi. Seperti kehilangan minat terhadap apapun. “Yang tadinya berminat nongkrong sama teman-teman, itu jadi enggak ada minat sama sekali," kata Ika.

Tapi bukan berarti, jika kamu mengalami gejala post series depression syndrome di atas, kamu bisa mendiagnosis kondisi diri sendiri ya. Ika menekankan diagnosis mengenai kesehatan mental harus datang dari konsultasi dengan psikolog, psikiater, atau konselor terkait.

Kalau kamu mau tahu lebih jauh soal post series depression syndrome, kamu bisa dengarkan penjelasan ahli di Podcast Disko (Diskusi Psikologi) di link berikut ini ya!


  • drakor
  • dramakorea
  • drama korea
  • Sedih drakor tamat

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!