NASIONAL

2045, Penderita Diabetes di Indonesia Bisa Jadi 28 Juta Orang

"Dari perkiraan Kemenkes, penderita diabetes di Indonesia bisa meningkat hingga 28 juta pada 2045."

Diabetes
Tingginya konsumsi gula jadi faktor risiko utama Diabetes, tertinggi ketiga di ASEAN. (Sumber: Makalah Kemenke/Eva Susanti)

KBR, Jakarta - Kementerian Kesehatan mencatat, Indonesia menjadi negara dengan penderita diabetes tertinggi kelima di dunia. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular di Kemenkes Eva Susanti mengatakan, tahun lalu penderita diabetes di dunia mencapai 530-an juta orang. Dari jumlah itu, sekitar 19 juta ada di Indonesia atau 10 persen dari kasus di dunia.

"Nah ini tentunya menjadi konsentrasi kita semua. Bagaimana kita bisa untuk bisa menurunkan prevalensi diabetes di Indonesia. Karena ini akan menyebabkan beban biaya tertinggi yang harus kita turunkan agar negara kita tidak menjadi negara yang banyak penderita diabetesnya," kata Eva dalam diskusi daring, Senin (14/11/2022).

Baca juga:

- Dalam 10 Tahun, Jumlah Anak Diabetes Naik 500 Persen

- 68 Juta Orang Obesitas di Indonesia Rawan Terkena Diabetes

Eva mengatakan, jumlah penderita Diabetes di Indonesia berpotensi meningkat jika tidak ada penanganan serius. Dari perkiraan Kemenkes, penderita diabetes di Indonesia bisa meningkat hingga 28 juta pada 2045.

Hari Diabetes Sedunia 2022 diperingati 14 November setiap tahun. Tema hari diabetes sedunia kali ini adalah "Education to Protect Tomorrow". Hari Diabetes Sedunia dicanangkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyakit gula darah ini.

Editor: Fadli

  • diabetes

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!