NASIONAL

Situasi Global Makin Sulit, Jokowi Minta Jajaran Siapkan Antisipasi Terburuk

"Sehingga sekali lagi, situasi makin memburuk dan antisipasi dampak di domestik ini harus betul-betul disiapkan."

Astri Septiani

Situasi Global Makin Sulit, Jokowi Minta Jajaran Siapkan Antisipasi Terburuk
Presiden Jokowi saat memberi pengantar Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Selasa (11/10/2022). (Dok Youtube Sekretariat Presiden)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo menginstruksikan jajarannya menyiapkan antisipasi apabila situasi global makin buruk, sehingga berdampak pada perekonomian nasional. Jokowi mengatakan, harus ada berbagai rencana dan persiapan menghadapi kemungkinan terburuk.

"Yang paling buruk, yang buruk, semuanya harus kita hitung semuanya. Sehingga sekali lagi, situasi makin memburuk dan antisipasi dampak di domestik ini harus betul-betul disiapkan," kata Presiden dalam pengantarnya saat memimpin Sidang Kabinet Paripurna, dikutip dari video yang diunggah Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (12/10/2022).

Presiden mengingatkan seluruh jajarannya berhati-hati mengambil kebijakan yang dapat memengaruhi perekonomian nasional. Apalagi saat ini situasi global makin sulit.

Baca juga:

Ia mendorong agar hubungan antarkementerian dan lembaga dapat diperkuat dalam menangani masalah perlambatan ekonomi dunia, krisis pangan, energi, dan keuangan.

"Nanti beberapa menteri dan menko akan saya ajak untuk berbicara yang berkaitan dengan stress test. Sampai seberapa jauh kekuatan kita kalau badainya itu datang, baik yang berkaitan dengan currency, dengan kurs, yang berkaitan dengan inflasi, yang berkaitan dengan growth, yang berkaitan dengan pangan kita, energi kita. Semuanya harus kita tes betul sampai plan a, plan b, plan c, plan d, semuanya harus ada, plan e, semuanya," ujarnya.

Presiden juga meminta jajaran birokrasi fokus melaksanakan tugas sesuai dengan bidang masing-masing. Presiden berharap, jajarannya bisa lebih baik dalam mengimplementasikan program kegiatan yang memberi manfaat.

Baca juga:

"Kemudian juga implementasi dari program-program yang ada betul-betul dilihat betul, bermanfaat riil atau enggak. Kalau enggak, bisa dibelokkan ke hal-hal yang riil," kata Jokowi.

Editor: Wahyu S.

  • Presiden Jokowi
  • antisipasi krisis global
  • jokowi antisipasi terburuk
  • ancaman krisis pangan
  • resesi global

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!