NASIONAL

FOMO Sapiens : Perkara KDRT dan Tragedi Kanjuruhan

"Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) menjadi perhatian publik setelah kasus KDRT Billar-Lesti mencuat. Sementara, Ratusan orang meninggal dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa "

FOMO Sapiens : Perkara KDRT dan Tragedi Kanjuruhan
Ilustrasi highlight berita sepekan. (FOTO : KBR)

KBR, Jakarta – Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) menjadi perhatian publik setelah kasus KDRT Billar-Lesti mencuat. Apalgi setelah kontroversi konten prank dari Baim Wong-Paula. Konten nirfaedah dan tidak berempati bagi korban KDRT.

Ratusan orang meninggal dalam tragedi sepak bola di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Musababnya, gas air mata yang ditembakkan aparat keamanan ke arah tribun penonton. Tim investivasi dibentuk pun dibentuk, termasuk oleh pemerintah. Apa saja temuannya?

1. Perkara KDRT

Kekerasan Rumah Dalam Rumah Tangga (KDRT) pasangan Rizky Billar terhadap istrinya Lesti Kejora menjadi salah satu dari belasan ribu lebih kasus yang tercatat di Kementerian Perempuan dan juga Perlindungan Anak per Oktober 2022. Menurut data dari KemenPPPA, hingga Oktober 2022 sudah ada 18.261 kasus KDRT di seluruh Indonesia, sebanyak 79,5% atau 16.745 korban adalah perempuan.

Baca juga : KDRT Dominasi Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak di Banyuwangi

2. Tragedi Kanjuruhan

Pekan ini perhatian warganet tertuju pada dengan Tragedi Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur. Peristiwa yang mengakibatkan ratusan orang meninggal dunia dan lainnya luka-luka ini memunculkan desakan publik agar pemerintah segera mengusut tuntas perkara tersebut. Namun, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), PT. Liga Indonesia Baru (LIB), panitia pelaksana pertandingan (panpel), dan aparat keamanan terkesan saling lempar kesalahan. Bagaimana selengkapnya?

Baca juga : 6 Tersangka Tragedi Kanjuruhan, Kontras: Bukan Kelalaian

Dengarkan bahasan selengkapnya di FOMO Sapiens pekan ini bersama Ian Hugen dan Aika Renata, akan ada juga obrolan bersama Aktivis lingkungan asal Aceh, Farwiza Farhan yang masuk ke daftar TIME100 Next 2022.

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke [email protected]

  • #podcast
  • #fomosapiens
  • #kdrt
  • #prank
  • #TragediKanjuruhan
  • #Kanjuruhan
  • #sepakbola
  • #KEL
  • #FarwizaFarhan
  • #leuser

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!