NASIONAL

Covid Varian XBB Bertambah 3 Kasus dari Transmisi Lokal

"Hingga 26 Oktober 2022 jumlah kasus terkonfirmasi harian bertambah 3.048 orang dengan kasus kematian 24. "

vaksin covid

KBR, Jakarta- Kementerian Kesehatan mencatat tiga kasus tambahan Covid-19 varian Omicron XBB. Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril mengatakan, tiga kasus baru itu berasal dari Jakarta. 

Kata dia,  semuanya kini sudah dinyatakan sembuh.

"Nah di Indonesia hingga Selasa 25 Oktober kemarin, tercatat penambahan tiga kasus XBB di Indonesia. Ketiganya merupakan transmisi lokal. Sebelumnya ada satu dari Jawa Timur, Surabaya ya. Gejalanya ringan, batuk dan pilek. Dan saat ini berarti kita di Indonesia ada empat kasus konfirmasi. Tapi seluruhnya sudah sembuh dan kemarin melalui isolasi mandiri ya tidak ada yang dirawat," jelas Syahril dalam konferensi pers, Rabu (26/10/2022).

Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril mengatakan, tingkat penularan varian Omicron XBB cukup tinggi. Kasus varian ini juga biasanya diiringi dengan peningkatan jumlah perawatan di rumah sakit.

Baca juga:

Kata dia, varian ini menyebabkan lonjakan kasus di beberapa negara, salah satunya Singapura. Meski begitu, tingkat fatalitasnya rendah.

"Tingkat fatalitas maupun angka kesakitan masuk rumah sakit tidak terlalu tinggi," jelasnya.

Syahril mengimbau masyarakat segera melakukan vaksinasi booster supaya lebih kuat jika terinfeksi varian baru ini.

Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan COVID-19, hingga 26 Oktober 2022 jumlah kasus terkonfirmasi harian bertambah 3.048 orang dengan kasus kematian bertambah 24.  


Editor: Rony Sitanggang

  • pandemi
  • endemi
  • Kemenkes
  • COVID-19
  • varian XBB

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!