BERITA

September 2018, Neraca Perdagangan Indonesia Alami Surplus

September 2018, Neraca Perdagangan Indonesia Alami Surplus

KBR, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada September 2018, neraca perdagangan mengalami surplus sebesar US$0,23 miliarMenurut Deputi bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Yunita Rusanti, angka ini cukup baik dibandingkan Agustus yang mengalami defisit sebesar US$1,02 miliar.

"Pada bulan september 2018 ini, neraca perdagangan kita mengalami surplus 0,23 miliar US dolar. Memang cukup kecil dibanding yang lalu karena beberapa bulan lalu mengalami defisit. Tapi paling tidak ini harapan yang bagus untuk beberapa bulan ke depan, mudah-mudahan masih tetap surplus," kata Yunita di Kantor BPS, Jakarta, Senin (15/10/2018).

Yunita menambahkan, baik ekspor maupun impor Indonesia mengalami penurunan. Saat ini, nilai ekspor turun sebesar 6,58 persen menjadi US$14,83 miliar. 

Namun, jika dihitung secara kumulatif nilai ekspor Indonesia dari Januari-September 2018 mencapai US$ 134,99 atau meningkat 9,41 persen dibanding periode yang sama di Tahun 2017.

Yunita mengatakan, penurunan juga terjadi pada jumlah impor pada September 2018. BPS mencatat, impor September sebesar US$14,60 miliar atau menurun 13,18 persen dibanding bulan sebelumnya.

Namun jika diakumulasi nilai impor mengalami kenaikan, barang konsumsi naik 26,39 persen, bahan baku/penolong naik 22,06 persen dan barang modal naik 27,86 persen selama Januari-September 2018 meningkat dari periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Sementara di Sektor non-migas seperti industri, pertanian, pertambangan dan lainnya menyumbang 91,86 persen dari total ekspor September 2018.

Untuk impor, sektor bahan baku/penolong adalah penyumbang impor terbesar dengan angka 74,82 persen. Yunita berharap, surplus bulan ini bisa terus diikuti bulan-bulan selanjutnya hingga akhir 2018.

Baca: Direktur IMF Sebut Perang Dagang Gerus 1% PDB Global 


Editor: Kurniati

  • neraca perdagangan
  • BPS
  • Surplus
  • Defisit
  • September

Komentar (3)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Lady Lianmey5 years ago

    BERITA BAIK!!! Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang pereka fesyen dan saya ingin menggunakan medium ini untuk memberitahu semua orang supaya berhati-hati mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipuan dan mereka berada di sini. menipu anda dengan wang susah payah anda, saya memohon pinjaman kira-kira Rp900,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan kira-kira 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta lagi saya tidak mendapat pinjaman dan perniagaan saya Mengenai terhempas kerana hutang. Memandangkan pencarian saya untuk syarikat pinjaman peribadi yang boleh dipercayai, saya melihat iklan dalam talian lain dan nama syarikat adalah SYARIKAT PINJAMAN DUNIA. Saya kehilangan 15 juta dengan mereka dan hingga hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya cadangkan. Tuhan menjadi kemuliaan, kawan-kawan saya yang memohon pinjaman juga menerima pinjaman sedemikian, memperkenalkan saya kepada sebuah syarikat yang boleh dipercayai di mana Puan Christabel bekerja sebagai pengurus cawangan, dan saya memohon pinjaman sebesar Rp900,000,000 dan mereka meminta kepercayaan saya, Dan setelah mereka selesai mengesahkan butiran saya, pinjaman itu telah diluluskan untuk saya dan saya fikir ia adalah jenaka, dan mungkin ini adalah salah satu tindakan menipu yang membuat saya kehilangan wang, tetapi saya terkejut. Apabila saya mendapat pinjaman saya kurang dari 6 jam dengan kadar faedah yang rendah 1% tanpa cagaran. Saya sangat gembira bahawa Tuhan menggunakan kawan saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan kerana saya diselamatkan dari membuat perniagaan saya melompat ke udara dan dibubarkan dan kini perniagaan saya terbang tinggi di Indonesia dan tiada siapa yang akan mengatakannya Dia tidak tahu mengenai syarikat fesyen. Jadi saya nasihat semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara-negara lain yang memerlukan pinjaman untuk satu tujuan atau lain untuk sila hubungi Ibu Christabel melalui e-mel: ([email protected]) Anda masih boleh menghubungi saya jika anda memerlukan maklumat lanjut melalui e-mel: ([email protected]). Anda masih boleh menghubungi nombor WhatsApp ibu yang baik +15614916019 Terima kasih sekali lagi kerana membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita dan memberi kita kehidupan yang panjang dan makmur dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan yang baik dalam hidup anda.

  • PEDRO3 years ago

    AIUTI FINANZIARI TRA LE PERSONE Benvenuto al prestatore. offriamo un prestito del 3% per l'assistenza finanziaria; avviare la propria attività; saldare debiti, pagare bollette, certificati di morte; prestiti locali. Mettiti in contatto via e-mail [email protected] al link WhatsApp https://wa.me/33752457030

  • catherinea year ago

    Bonsoir Mme et Mr Ce message s'adresse à tous ceux qui sont dans le besoin d'un prêt particulier pour reconstruire leur vie . vous êtes à la recherche de prêt pour soit relancer vos activités soit pour la réalisation d'un projet , soit pour vous acheter un appartement mais vous êtes interdit bancaire ou votre dossier à été rejeté à la banque. Je suis un particulière j’octroie des prêts allant de 2.000€ à 950 000€ à toutes personnes capable de respecter les conditions mais vous devez être une personne Juste , Honnête , Sage et Fiable. J'octroie des prêts aux personnes vivantes dans toutes l'Europe et dans le Monde Entier( France , Belgique , Canada , Suisse , Roumanie, Italie , Espagne , Portugal etc...). Mon taux d’intérêt est de 2% l'an . Si vous avez besoin d'argent pour d'autres raisons , n’hésitez pas à me contacter pour plus d'informations. Je suis disponible à satisfaire mes clients en une durée maximale de 3 Jours suivant la réception de votre formulaire de demande. Si vous êtes intéressés, veuillez me contacter pour plus d'amples informations. [email protected]