BERITA

Pasca-Gempa dan Tsunami, Jokowi Ingin Kegiatan Ekonomi Sulteng Cepat Pulih

Pasca-Gempa dan Tsunami, Jokowi Ingin Kegiatan Ekonomi Sulteng Cepat Pulih

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo mengklaim pasokan listrik, bahan bakar minyak (BBM), dan logistik pascagempa dan tsunami di Sulawesi Tengah berangsur normal. Jokowi pun memastikan pasokan tersebut didistribusikan merata ke Palu, Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Parigi Moutong.

Jokowi ingin agar kegiatan ekonomi masyarakat korban gempa dan tsunami segera pulih.

"Kita ingin menghidupkan titik-titik ekonomi baik pasar dan toko-toko dan mengimbau mereka (warga) untuk buka kembali sehingga aktivitas ekonomi menjadi bergerak. Kita berharap proses ini segera selesai untuk masuk ke tahapan berikut yaitu rehabilitasi dan rekonstruksi," kata Jokowi di Palu, Rabu (03/10/18).

Menurut Jokowi, jika kebutuhan dasar warga terpenuhi maka kegiatan perekoneomian seperti di pasar juga akan segera pulih.

Jokowi mengatakan, PT PLN telah mengirim 500 orang untuk memperbaikan jaringan listrik yang sempat lumpuh pascagempa. Mereka bertugas memperbaiki lima dari tujuh gardu listrik yang rusak. Untuk sementara ini, pasokan listrik diperoleh dari genset-genset berukuran kecil hingga sedang, yang dikirimkan dari Jawa.

Baca juga:

    <li><b><a href="http://kbr.id/terkini/10-2018/pemerintah_klaim_kebutuhan_listrik_dan_bbm_di_palu_mulai_terpenuhi/97525.html">Pemerintah Klaim Kebutuhan Listrik dan BBM di Palu Mulai Terpenuhi&nbsp;</a>&nbsp;</b><br>
    
    <li><span id="pastemarkerend"><b><a href="http://kbr.id/10-2018/suplai_listrik_pascagempa_tsunami_sulteng__pln_andalkan_genset/97522.html">Suplai Listrik Pascagempa-Tsunami Sulteng, PLN Andalkan Genset</a>&nbsp;&nbsp;</b></span></li>
    
    <li><span id="pastemarkerend"><b><a href="http://kbr.id/nasional/10-2018/daerah_ini_terdampak_parah_gempa_dan_tsunami_sulteng_tapi_belum_bisa_dijangkau/97521.html">Daerah Ini Terdampak Parah Gempa dan Tsunami Sulteng tapi Belum Bisa Dijangkau</a>&nbsp;</b>&nbsp;<br>
    

Sementara soal BBM dan logistik, menurut Jokowi, berbagai kebutuhan tersebut mulai didistribusikan ke sejumlah lokasi terdampak gempa. Meski begitu, ia mengakui masih ada beberapa wilayah yang belum terjangkau, seperti empat kecamatan di Kabupaten Sigi. Ia berjanji pasokan kebutuhan dasar ke daerah yang belum terjangkau akan dikebut hari ini. 

Rabu ini, Jokowi kembali mengunjungi Palu, Sulawesi Tengah, untuk meninjau penanganan korban terdampak gempa dan tsunami. Menurutnya, proses evakuasi, pembersihan, dan pencarian korban di lokasi telah berjalan sesuai dengan rencana, menggunakan sejumlah alat-alat berat.

Editor: Gilang Ramadhan

  • gempa dan tsunami Palu
  • gempa Palu
  • Gempa Donggala
  • pasokan BBM dan listrik
  • Presiden Joko Widodo

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!