NASIONAL

Pengamat: Antisipasi El Nino, Siapkan Asuransi Gagal Panen untuk Petani

"Pengamat pertanian dari Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) Khudori menyebut, sejumlah hal harus dilakukan termasuk menyiapkan suplai air dan memperbaiki irigasi."

Asuransi Gagal Panen

KBR, Jakarta - Kalangan pengamat mengingatkan pemerintah untuk kembali mengantisipasi kemarau panjang akibat pemanasan suhu muka laut atau El Nino.

Pengamat pertanian dari Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) Khudori menyebut, sejumlah hal harus dilakukan termasuk menyiapkan suplai air dan memperbaiki irigasi.

"Misalnya memperbaiki irigasi mata air mikro,, menyiapkan sarana produksi terpenuhi, yang didorong adalah supaya petani memanfaatkan air yang ada dengan mempercepat tanam kembali," ujar Pengamat pertanian dari Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) Khudori kepada KBR (25/5/2023)

Semua itu, menurut Khudori, harus dilakukan dengan mempersiapkan sarana produksi mulai dari pupuk, bibit dan lainnya.

"Kemarau panjang akibat dampak El Nino juga harus diantisipasi pemerintah dengan menyiapkan seluruh kebutuhan petani. Diantaranya, memberikan subsidi pupuk, bibit, kepastian suplai air, hingga asuransi kerugian bila terjadi fuso atau gagal panen," tuturnya.

Baca juga:

- Petani Disarankan Gunakan Benih Tahan Kekeringan

- Perubahan Iklim Nyata, BMKG: Anomali Suhu dan Konsentrasi Gas Rumah Kaca Terus Meningkat

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, musim kemarau tahun ini karena fenomena El Nino di Indonesia akan dimulai pada April, Mei dan Juni. Wilayah yang akan mengalami musim kemarau lebih awal atau sejak April meliputi Bali, NTB, NTT, dan sebagian besar Jawa Timur.

Editor: Fadli

  • el nino
  • la nina
  • kemarau

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!