Bagikan:

Menteri BUMN Sebut ada Mafia Bibit, Begini Tanggapan Mentan

"Yang harus jawab si Erick ya menurut saya. Eh ini Dirjen Tanaman Pangan? Ada mafia gak disini? (Tidak ada sama sekali), "

NASIONAL

Selasa, 26 Apr 2022 07:48 WIB

Petani mempersiapkan bibit padi di Sidomulyo, Kabupaten Madiun, Jatim, Sabtu (16/4/22). (Antara/Sisw

Ilustrasi: Petani mempersiapkan bibit padi di Sidomulyo, Kabupaten Madiun, Jatim, Sabtu (16/4/22). (Antara/Siswowidodo)

KBR, Jakarta-  Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo angkat suara soal Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang menyebut ada mafia bibit di sektor pertanian. Syahrul lantas menanyakan langsung dan dijawab dengan bantahan oleh jajarannya.

"Yang harus jawab si Erick ya menurut saya. Eh ini Dirjen Tanaman Pangan? Ada mafia gak disini? (Tidak ada sama sekali), Kepala Badan, Kepala Litbang ada enggak? (Tidak ada pak) Peternakan? (Tidak ada pak, sama sekali) Sekjen? (Tidak ada. Karantina menjamin yang palsu-palsu dimusnahkan, tidak ada itu. Tidak ada mafia) Mau bilang apa coba?," ucap Syahrul yang langsung dijawab oleh jajarannya, dalam sebuah keterangan video dari Humas Kementerian Pertanian (Kementan), Senin (25/4/22).

Syahrul juga memastikan jajarannya bertanggungjawab atas pernyataan tersebut pernyataannya.

"Kalian siap tanggung jawab? (Siap 100 % tanggung jawab). Jadi aku ndak menjawab apa yang disampaikan Erick, silakan aja. Karena mungkin juga yang dimaksud siapa, gitu. Jadi saya enggak menjawab nih," pungkasnya.

Baca juga:

Soal Mafia Minyak Goreng, IPW: Bubarkan Satgas Pangan

Dirjen Kemendag Tersangka Mafia Minyak Goreng, Jokowi: Usut Tuntas


Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan   adanya mafia bibit di sektor pertanian. Erick menyebut mafia-mafia tersebut menyebabkan bibit yang diterima petani rusak sehingga membuat kualitas hasil panen menurun. 

"Dulu petani adalah obyek, sekarang petani adalah subjek yang harus kita pastikan kebutuhannya kenapa? karena tadi saya sampaikan, pangan akan menjadi ancaman. Karena itu kita punya program di mana petani mendapat pembiayaan dari bank-bank Himbara, BRI, mandiri, Bank Syariah Indonesia. tetapi PT pupuk Indonesia mendampingi juga memberikan pupuk tepat waktu, bibit yang benar karena bibit pun ada mafianya," ujar Erick saat memberikan kuliah umum di Universitas Padjadjaran, Sabtu (23/4/2022).

Kendati menyebut  ada mafia bibit, Menteri BUMN Erick Thohir tidak menjabarkan sejauh apa dampak yang ditimbulkan dan upaya penyelesaiannya.

Editor: Rony Sitanggang

    Kirim pesan ke kami

    Whatsapp
    Komentar

    KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

    Kabar Baru Jam 19

    Kabar Baru Jam 18

    Kabar Baru Jam 17

    Kabar Baru Jam 15

    Kabar Baru Jam 14

    Most Popular / Trending