NASIONAL

Cek Fakta: Pembina Brimob Saat Ini Namanya Thahir Alias Ang Tjoeng Ming?

Cek Fakta: Pembina Brimob Saat Ini Namanya Thahir Alias Ang Tjoeng Ming?

Sebuah akun facebook mengunggah video yang menunjukkan kompilasi foto-foto Dato Sri Tahir yang merupakan CEO Mayapada Group. Unggahan tersebut juga disertai narasi yang menyatakan bahwa Tahir merupakan Pembina Brimob saat ini yang akan beraksi di demo tanggal 11 April 2022. Bagaimana penulusurannya dan apa saja lainnya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 9 - 15 April 2022, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @TURNBACKHOAXID:

Video dan Narasi soal Pembina Brimob Saat Ini Namanya Adalah Thahir Alias Ang Tjoeng Ming

Sebuah akun facebook mengunggah video yang menunjukkan kompilasi foto-foto Dato Sri Tahir yang merupakan CEO Mayapada Group. Unggahan tersebut juga disertai narasi yang menyatakan bahwa Tahir merupakan Pembina Brimob saat ini yang akan beraksi di demo tanggal 11 April 2022.

Video dengan Narasi soal Sekelompok Orang Bermain Sepatu Roda di Purwekerto Indonesia

Sebuah akun twitter mengunggah cuitan berupa video sekelompok orang bermain sepatu roda yang diklaimnya berlokasi di Purwokerto, Indonesia. Cuitan yang diunggah pada 2 April 2022 telah mendapat atensi berupa 45,1 ribu suka dan 6,9 ribu retweet.

Video dan Narasi soal Majapahit Menginvasi Jepang

Sebuah akun TikTok mengunggah video yang menampilkan tangkapan layar artikel yang menginformasikan bahwa kerajaan Majapahit pernah melakukan invasi kepada Jepang pada masa kepemimpinan Toyotomi Hideyoshi.

Bagaimana penelusuran dari ketiga hoaks tersebut? Simak pembahasannya di Podcast Cek Fakta bersama Don Brady dan Aribowo Sasmito Co-Founder dan Fact-check Specialist Mafindo, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia berikut ini:

Kami menantikan masukan kamu lewat: [email protected] sampai jumpa di episode berikutnya!

Baca Juga:

Cek Fakta : Hentikan Hujan, Pawang Gunakan Gelombang Otak Teta?

  • cekfakta
  • cek fakta
  • hoax
  • hoaks

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!