NASIONAL

Cek Fakta: Pemberian Pembalap MotoGP kepada Penonton di Mandalika Dilelang Negara?

"Top three hoax of the week yang beredar dari tanggal 26 Maret - 1 April 2022, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @TURNBACKHOAXID"

Don Brady

Cek Fakta: Pemberian Pembalap MotoGP kepada Penonton di Mandalika Dilelang Negara?

Sebuah akun facebook mengunggah foto seorang pria yang berhasil mendapatkan helm milik Aleix Espargaro saat perhelatan MotoGp Mandalika lalu. Dalam postingannya terdapat narasi bahwa barang-barang yang didapatkan penonton dari para pembalap disita dan dilelang oleh pemerintah untuk pembangunan ibu kota baru IKN. Konten itu menjadi salah satu dari tiga teratas cek fakta yang mendapat sorotan sepanjang pekan lalu. Apa saja lainnya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 26 Maret - 1 April 2022, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @TURNBACKHOAXID:

Foto dan Narasi soal Barang-Barang Pemberian Pembalap MotoGP kepada Para Penonton di Mandalika Dilelang Negara

Sebuah akun facebook mengunggah foto seorang pria yang berhasil mendapatkan helm milik Aleix Espargaro saat perhelatan MotoGp Mandalika lalu. Dalam postingannya terdapat narasi bahwa barang-barang yang didapatkan penonton dari para pembalap disita dan dilelang oleh Pemerintah untuk pembangunan Ibu Kota baru IKN.

Video dengan Narasi soal Tentara Ukraina Membunuh Pria Chechnya

Sebuah akun facebook mengunggah video berdurasi 1 menit 53 detik yang menunjukkan dua tentara, salah satunya menembak seorang pria tua dan seorang wanita. Video tersebut disertai klaim bahwa tentara tersebut adalah tentara Ukraina yang mengeksekusi seorang pria dan istrinya dari Chechnya ketika mereka membaca Al-Qur’an. Video tersebut juga beredar di Twitter dengan narasi yang sama.

Foto Presiden Jokowi seolah Memberikan Minyak Goreng kepada Pembalap MotoGP Miguel Oliveira

Sebuah akun facebook mengunggah foto yang menunjukkan Presiden Jokowi seperti memberikan minyak goreng kepada pebalap MotoGP Miguel Oliveira.

Bagaimana penelusuran dari ketiga hoaks tersebut? Simak pembahasannya di Podcast Cek Fakta bersama Don Brady dan Aribowo Sasmito Co-Founder dan Fact-check Specialist Mafindo, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia berikut i

Baca juga:

Cek Fakta: Tak Punya BPJS dan Tak Aktif Peduli Lindungi, Marquez Ditolak RS?


Kami menantikan masukan kamu lewat: [email protected] sampai jumpa di episode berikutnya!

  • hoax
  • hoaks
  • cekfakta
  • cek fakta

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!