NASIONAL

Cek Fakta : Foto dan Narasi soal Logo Halal Buatan Kemenag Terinspirasi dari Penutup Kepala Uskup

"Top three hoax of the week yang beredar dari tanggal 12 - 18 Maret 2022, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @TURNBACKHOAXID"

Cek Fakta : Foto dan Narasi soal Logo Halal Buatan Kemenag Terinspirasi dari Penutup Kepala Uskup

Beredar sebuah foto dan narasi di Facebook sebuah foto kolase yang memperlihatkan seorang uskup gereja disandingkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Dalam postingan tersebut terdapat narasi klaim soal Yaqut mengganti label halal terinspirasi dari penutup kepala seorang Uskup Gereja. Konten itu menjadi salah satu dari tiga teratas cek fakta yang mendapat sorotan sepanjang pekan lalu. Apa saja lainnya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 12 - 18 Maret 2022, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @TURNBACKHOAXID:

Video Menteri Pekerjaan Umum di Mongolia Membakar Diri karena Tak Bisa Penuhi Janji

Sebuah akun Facebook mengunggah video yang menunjukkan seseorang yang membakar dirinya saat tengah mengadakan konferensi media dan terlihat orang-orang disekitarnya berusaha memadamkan api di tubuh pria itu. Akun itu mengklaim bahwa pria yang membakar dirinya tersebut adalah Menteri Pekerjaan Umum Mongolia karena telah mengingkari janji untuk membangun 100 ribu unit rumah bagi para buruh berpenghasilan rendah.

Pesan Berantai soal Suara Auman Raksasa di Aceh Pukul 5 Pagi

Beredar informasi di pesan berantai Whatsapp yang mengklaim ada suara seperti anjing mengaum di Aceh pada pukul 5 pagi yang berasal dari Samudera Pasifik dan diduga merupakan tanda bahwa dajjal tengah berusaha naik ke dunia. Pada pesan tersebut juga menghimbau kepada penerima pesan untuk menyebar luaskan ke 20 orang lainnya. Jika tidak melakukan hal tersebut, maka dalam waktu 12 jam akan terkena musibah dan di benci orang.

Foto dan Narasi soal Logo Halal Buatan Kemenag Terinspirasi dari Penutup Kepala Uskup

Sebuah akun Facebook mengunggah sebuah foto kolase yang memperlihatkan seorang Uskup Gereja disandingkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Dalam postingan tersebut terdapat narasi soal Yaqut mengganti label halal terinspirasi dari penutup kepala seorang uskup gereja.

Bagaimana penelusuran dari ketiga hoaks tersebut? Simak pembahasannya di Podcast Cek Fakta bersama Don Brady dan Aribowo Sasmito Co-Founder dan Fact-check Specialist Mafindo, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia berikut ini: 

Baca Juga:

Cek Fakta: Video Presiden Rusia Tuntut Menag Yaqut Minta Maaf kepada Umat Muslim Indonesia

Kami menantikan masukan kamu lewat: [email protected] sampai jumpa di episode berikutnya!

  • cekfakta
  • cek fakta
  • hoax

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!