NASIONAL

Cek Fakta: Messi Dinarasikan Masuk ke Persib?

"Top Three Hoax of The Week"

Cek Fakta

KBR, Jakarta- Sebuah akun Twitter mengunggah sebuah foto Ridwan Kamil dan Lionel Messi sedang memegang kaos Persib bernomor punggung 10 dengan narasi bahwa Messi masuk Persib. Ini menjadi salah satu konten tiga teratas cek fakta yang mendapatkan sorotan dari netizen +62. Apa saja lainnya dan bagaimana penelusurannya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 16 - 22 Februari 2023 hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @turnbackhoaxid:

Hoaks Bandara King Hamad Qatar Lebih Besar dari Kota Mumbai India

Sebuah akun Instagram mengunggah gambar bandara Internasional Hamad di Doha, Qatar. Unggahan gambar ini disertai narasi, bahwa Bandara King Hamad memiliki luas 776 kilometer persegi dan lebih luas daripada kota Mumbai di India.

Hoaks peringkat ketiga bikin heboh karena informasi yang salah soal bandara di Qatar yang digadang-gadang lebih luas dari sebuah kota di India.

Foto Truk Seolah bergambar Anies Baswedan dengan Narasi Terperosok ke Sumur

Sebuah akun Twitter menyebarkan foto mobil truk yang terperosok akibat sumur resapan. Yang membuat heboh adalah foto Truk itu disunting dan ditambahkan gambar Anies Baswedan dengan tulisan "Piye kabare? Lucu jamanku to?"

Baca juga:

Cek Fakta: Hoaks soal PeduliLindungi yang Mendeteksi Infeksi Cordyceps Fungus

Demi Integritas, Menteri Keuangan Ajak Masyarakat Laporin Pelanggaran Pejabat

- Diskriminasi di Dunia Maya

Gambar ini juga pernah diunggah di akun YouTube dengan judul "Truk terperosok di tengah jalan Ahmad Kasim Palopo". Truk bermuatan kelapa sawit ini terperosok akibat kondisi jalan yang sudah rusak di Kecamatan Wara Utara, Kota Palopo, Sulawesi Selatan pada tahun 2016.

Messi Dinarasikan Masuk ke Persib?

Sebuah akun Twitter mengunggah sebuah foto Ridwan Kamil dan Lionel Messi sedang memegang kaos Persib bernomor punggung 10. Akun media sosial itu memberikan keterangan, Messi katanya ke Persib.

Mau tau info selengkapnya soal Top Three Hoax of The Week? Yuk simak podcast Cek Fakta di link berikut ini:

  • Hoaks
  • Cek Fakta
  • Messi masuk Pesib
  • Anies Baswedan
  • Hoaks Bandara King Hamad Qatar

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!