NASIONAL

Deteksi Omicron, Banyuwangi Kirim 20 Sampel Pasien Covid-19 ke Surabaya

""Saat ini kita sudah mengirim 20 sampel ke Surabaya dan belum ada hasilnya. Ini Dinas Kesehatan yang mengirim dari seluruh kasus aktif yang ada di Banyuwangi,” "

Hermawan Arifianto

Deteksi Omicron, Banyuwangi Kirim 20 Sampel Pasien Covid-19 ke Surabaya
Petugas kesehatan menunjukkan sampel tes Swab PCR COVID -19 untuk guru dan siswa di Yogyakarta, Sabtu (5/2/2022). (Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko)

KBR, Banyuwangi - Rumah Sakit Umum Daerah Blambangan (RSUD) Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur, mengirimkan 20 sampel pasien covid-19 ke Surabaya.

Direktur RSUD Blambangan Banyuwangi, Widji Lestrariono, menyebut, pengiriman sampel untuk diuji laboratorium di Lapkesda Provinsi Jawa Timur itu untuk mengetahui dan mendeteksi apakah pasien tersebut terpapar covid-19 varian omicron atau tidak.

Kata dia, dari 20 sampel yang dikirim melalui Dinas Kesehatan itu, milik pasien positif covid-19 yang saat ini menjalani isolasi di rumah sakit.

"Diagnosa pasti omicron belum, karena untuk mendeteksi pasti omicron harus dikirim ke Surabaya sampelnya. Saat ini kita sudah mengirim 20 sampel ke Surabaya dan belum ada hasilnya. Ini Dinas Kesehatan yang mengirim dari seluruh kasus aktif yang ada di Banyuwangi,” katanya di Banyuwangi, Kamis (10/2/2022).

Saat ini, lanjut Widji, RSUD Blambangan masih menunggu hasil uji laboratorium terhadap sampel-sampel yang dikirim tersebut.

"Pengiriman sampel itu sebagai bagian dari antisipasi dan untuk memastikan varian covid-19 di Banyuwangi, seiring terus melonjaknya angka Covid-19 saat ini," ungkapnya.

Widji Lestrariono menambahkan, puluhan sampel yang dikirim ke Surabaya itu, mewakili 417 warga Banyuwangi yang terpapar Covid-19.

Baca: Hapus PTM 100 Persen, Banyuwangi Berlakukan Pembelajaran Sesi Pagi dan Siang

Selain itu, RSUD Blambangan juga menyiapkan tambahan tenaga Kesehatan dan tempat tidur pasien di rumah sakit, sebagai antisipasi lonjakan pasien covid-19.

"Tambahan bed pasien itu berasal dari konversi tempat perawatan penyakit lainnya di RSUD Blambangan," jelas Widji.

Saat ini tempat tidur pasien bed yang sudah siap untuk ditempati sebanyak 46 tempat tidur. Sementara angka covid-19 Banyuwangi Hingga tanggal 9 Februari 2022, mencapai 417 orang. Kabupaten Banyuwangi juga naik ke level 2 PPKM.


Editor: Kurniati Syahdan

  • Omicron
  • pasien covid-19
  • RSUD Blambangan
  • Banyuwangi
  • Jawa Timur
  • sampel pasien covid-19
  • deteksi omicron

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!