Bagikan:

Cek Fakta: Beredar Video dengan Narasi Jokowi Perintahkan Serangan ke Australia, benarkah?

Top Three Hoax of The Week yang beredar dari 5-11 Januari 2023

NASIONAL

Selasa, 17 Jan 2023 12:58 WIB

Author

Tim Cek Fakta

Cek Fakta

Cek Fakta

KBR, Jakarta- Belakangan muncul sebuah video di media sosial Facebook dengan narasi “Atas Perintah Jokowi, Serangan TNI Bumi Hanguskan Australia Hingga Tak Tersisa.” Tak hanya video dan narasi, konten ini juga disertakan thumbnail pesawat tempur. Konten itu menjadi salah satu dari tiga teratas cek fakta yang mendapat sorotan sepanjang pekan lalu. Apa saja lainnya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari 5-11 Januari 2023, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @turnbackhoaxid:

Video dengan Narasi Gereja Capea Dos Ossos di Portugal Dibangun dari Tulang Belulang Umat Islam Andalusia

Sebuah akun Twitter mengunggah gambar tembok sebuah gereja yang dipenuhi tengkorak dan tulang belulang manusia. Gambar ini dinarasikan sebagai Gereja Capela dos Ossos di Evora, Portugal dan diklaim dibangun dengan tulang belulang umat Islam Andalusia yang menolak masuk Kristen pada abad ke-17.

Beredar Video dengan Narasi yang Mengklaim bahwa Jokowi Perintahkan Serangan ke Australia

Belakangan muncul sebuah video di media sosial Facebook dengan narasi “Atas Perintah Jokowi, Serangan TNI Bumi Hanguskan Australia Hingga Tak Tersisa.” Tak hanya video dan narasi, konten ini juga disertakan thumbnail pesawat tempur. Video yang dimaksud dapat ditengok di akun Instagram @turnbackhoaxid.

Baca juga:

Tantangan Beli Rumah buat Generasi Sekarang

Anuptaphobia Bikin Takut Melajang

Cek Fakta: Video dan Narasi soal Gibran Terancam Dimiskinkan dan KPK Sita Asetnya?

Video dan Narasi Ratusan Mayat Tentara Australia Berserakan di Pulau

Masih soal isu keamanan dan pertahanan negara. Ada sebuah akun YouTube yang mengunggah video dan narasi sebagai berikut: "Serangan Gila Indonesia Tewaskan Ratusan Tentara Australia, Mayat Berserakan di Pulau."

Konten video ini menunjukkan sebuah arena perang dengan senjata dan kendaraan perang. Di mana video ini menampilkan sosok Perdana Menteri Australia yang sedang menyampaikan pernyataan dengan ditambahkan narasi: "Perdana Menteri Australia mengklaim bahwa militer Austalia tetap kalah dalam peluncuran senjata berat dan jumlah tentara dari Indonesia."

Mau tau hasil penelusurannya? Yuk dengarkan podcast Cek Fakta di link berikut ini:

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10

Episode 3: Mengapa Bisa Terjadi Kekerasan Seksual di Pesantren?

Kabar Baru Jam 11

Most Popular / Trending