HEADLINE

Uji Capem KPK, ICW: Pertanyaan DPR Tak Berbobot

"Pertanyaan Komisi Hukum DPR cenderung mengarahkan revisi UU KPK"

Uji Capem KPK, ICW: Pertanyaan DPR Tak Berbobot

KBR, Jakarta - Uji kelayakan dan kepatutan calon pemimpin KPK di DPR dinilai sebagai formalitas saja. Aktivis ICW, Aradila Caesar mengatakan, hal tersebut terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan anggota komisi hukum DPR kepada calon pimpinan KPK.


Kata Aradila, pertanyaan tersebut tidak berbobot dan di luar konteks pengembangan organisasi KPK.


"Pertanyaan-pertanyaan Komisi Tiga DPR sebenarnya tidak terlalu substansial. Pertanyaan-pertanyan yang cenderung mengarahkan revisi UU KPK dan lain. Dalam konteks lain, ini sebenarnya uji kelayakan dan kepatutan calon pimpinan KPK atau mencari dukungan revisi UU KPK?" Tanya Anggota Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan ICW Indonesia Corruption Watch (ICW) Aradila Caesar kepada KBR, Senin (14/12/2015)


Aradila melanjutkan, "jadi sudah jelas bahwa uji kelayakan dan kepatutan hanya formalitas saja, Komisi Tiga DPR sebenarnya sudah punya pilihan."

Aradila Caesar meminta DPR serius melakukan uji kelayakan dan kepatutan calon pemimpin KPK. Kata dia, DPR harus bisa memilih nama-nama yang memiliki rekam jejak baik dan berintegritas dalam pemberantasan korupsi.


Mulai hari ini DPR melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap 10 calon pimpinan KPK. Pada hari pertama ini, Komisi Hukum DPR menjadwalkan menguji empat calon pimpinan. Mereka adalah Sudjanarko, Alex Marwara, Johan Budi, dan Saut Situmorang. 

  • uji kepatutan dan kelayakan kpk
  • Anggota Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan ICW Indonesia Corruption Watch (ICW) Aradila Caesar
  • pertanyaan tak berbobot
  • revisi UU KPK
  • formalitas

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!