HEADLINE

Longsor Putuskan Jalan dan Rusak 6 Rumah di Cilacap

Longsor Putuskan Jalan dan Rusak 6 Rumah di Cilacap

KBR, Cilacap – Hujan deras yang terjadi dua hari terakhir menyebabkan longsor di sejumlah daerah di Cilacap barat, Jawa Tengah. Kepala Pelaksana Harian Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap, Try Komara Sidhy mengatakan longsor yang terjadi di Dusun Singaraja Desa Datar Kecamatan Dayeuhluhur menyebabkan enam rumah rusak. Satu diantaranya rusak berat.

Tri Komara merinci Di Desa yang sama,  Longsor terjadi di tebing sisi jalan setinggi 25 meter dan menutup akses jalan menuju desa tersebut. Amblas juga terjadi di empat titik jalan yang lain ke desa yang sama. Yakni di Dusun Serang, Singaraja, Kerta dan Grumbul Cidahu Dusun Cikondang.

 

Selain menyebabkan longsor dan amblas, di Desa Datar juga muncul sejumlah retakan tanah di perbukitan di atas permukiman penduduk. Panjang retakan bervariasi antara 5 meter hingga 50 meter. BPBD Cilacap dan warga berencana menutup retakan tanah tersebut secepat mungkin untuk mengantisipasi bencana tanah longsor.


"Di desa Datar Kecamatan Dayeuhluhur, jalan itu amblas. Ya karena faktor hujan deras ada longsoran sehingga jalan amblas. Tapi tidak ada korban jiwa. Terus rumah-rumah yang terkena longsoran kita sudah bantu, kerjabakti dan termasuk kita bantu logistik," ujar Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Cilacap, Try Komara Sidhy, Senin (14/12).

Try melanjutkan, "sementara ini mengungsi di rumah Pak Ketua RT atau saudara. Kita dengan kepala desa udah mengupayakan penutupan pecahan (retakan) itu agar tidak terjadi longsoran yang lebih parah.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Cilacap, Try Komara Sidhy mengungkapkan, dalam sepekan terakhir, terjadi tiga kali longsor di wilayah Cilacap bagian barat. Yakni di Desa Majingklak Kecamatan Wanareja, menyebabkan enam rumah dan satu mushola rusak. Longsor dan angin kencang juga terjadi di Desa Jambu Kecamatan Wanareja. Di desa ini beberapa rumah rusak ringan.


Try Komara Sidhy menambahkan, selain menyebabkan kerusakan rumah warga dan fasilitas umum, bencana tanah longsor dan retakan tanah juga merusak tanaman padi dan mengancam puluhan hektar lahan pertanian warga.


Editor: Rony Sitanggang

  • tanah longsor
  • jalan amblas
  • Kepala Pelaksana Harian Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap
  • Try Komara Sidhy
  • Dusun Singaraja Desa Datar Kecamatan Dayeuhluhur

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!