HEADLINE

Cegah Golput, Nyoblos Bonus Jamu di TPS 5 Banyuwangi

Cegah Golput, Nyoblos Bonus Jamu di TPS 5 Banyuwangi

KBR, Banyuwangi- Berbagai cara dilakukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk meminimalisir golput. Seperti yang dilakukan oleh KPPS di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 5 di Kelurahan Boyolangu, Kecamatan Giri, Banyuwangi. Disini, bagi yang telah menggunakaan hak pilihnya, secara cuma–cuma langsung mendapat hadiah jamu gratis.

Adanya jamu ini ternyata manjur untuk menarik minat warga. Wargat berbondong–bondong datang lebih awal. Takut tak kebagian minuman obat tradisional tersebut.

Menurut Suwiyanto, Ketua KPPS setempat, jamu yang diberikan kepada pemilih beragam. Sesuai dengan jenis kelamin dan selera pencoblos. Pemilih laki–laki kebanyakan memilih jamu kuat. Sedang bagi perempuan paling banyak jamu kunci suruh yang memiliki khasiat rapet wanita.

“Ada jamu beras kencur, kunir suruh, kunir asem, jamu kuat dan lainnya. Jadi pencoblos di sini habis nyoblos jadi lebih kuat dan yang wanita bisa rapet lagi,” katanya, Rabu (9/12/2015).

Pemberian hadiah jamu gratis ini, dinilai cukup manjur untuk menarik minat warga untuk menggunakan hak pilih. Tak seperti Pemilu sebelumnya, pemilih terlihat lebih antusias untuk datang bahkan lebih awal.

“Baru kali ini saya nyoblos terus dapat jamu. Bisa tambah semangat kalau begini, apalagi saya tadi minum jamu kuat,” ungkap Winarno, salah satu pemilih.

Salah satu Warga Zailan mengaku senang habis mencoblos mendapatkan jamu secara geratis. Dia memilih jamu kunir asem. ”Bagus ini habis mencoblos dikasih jamu gratis. Lumayan bisa menghilangkan pegal-pegal sehabis kerja di sawah,” kata Zailan.

Laki- laki parobaya yang berprofesi sebagai petani ini, berharap Kabupaten Banyuwangi melalui pemilihan kepala daerah ini, bisa mendapatkan pemimpin yang baik dan amanah. “Siapapun  nanti yang jadi saya selaku rakyat kecil hanya berharap agar bupati tidak  melupakan rakyat kecil,” kata Zailan.

Di TPS 5 Kelurahan Boyolangu, Kecamatan Giri, Banyuwangi, ini terdapat 435 Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Berkat adanya pemberian hadiah jamu, belum tengah hari, hampir seluruh warga sudah menggunakan hak pilih dalam Pilkada Bupati dan Wakil Bupati 2015.

Editor: Rony Sitanggang

  • nyoblos bonus jamu
  • pilkada serentak 2015
  • Suwiyanto
  • Ketua KPPS setempat
  • serba-serbi pilkada

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!