HEADLINE

Sirkulasi Siklonik, BMKG Prediksi Potensi Cuaca Ekstrem

Siklon Tropis Paddy, Ini Dampaknya

KBR, Jakarta-   Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi cuaca ekstrem hujan lebat disertai kilat dan angin kencang hampir di seluruh wilayah Indonesia mulai Senin (29/11). Prakirawan BMKG Yuni Maharani mengatakan, hal ini disebabkan adanya sirkulasi siklonik yang memajang dari wilayah Sumatera hingga Kalimantan.

"Terpantau adanya sirkulasi siklonik di perairan Selatan Bali dan perairan Barat Banten. Hal tersebut membentuk wilayah konvergensi yang memanjang di sebagian besar wilayah Sumatera bagian selatan laut Jawa dan Kalimantan bagian selatan hal tersebut dapat menyebabkan pertumbuhan awan-awan hujan yang cukup signifikan di wilayah sekitar," kata Yuni dalam siaran pers BMKG, Minggu (28/11/2021).

Potensi hujan lebat disertai petir atau kilat dan angin kencang terdapat di wilayah Aceh, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, kepulauan Bangka Belitung, Lampung, dan hampir seluruh wilayah Jawa kecuali Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Baca juga:

- BMKG: Ancaman Cuaca Ekstrem Terjadi Hingga Tahun Depan

- Penanggulangan Bencana, Menkeu: Butuh Dana Lebih 20 T

Selain itu, potensi hujan lebat disertai petir atau kilat dan angin kencang juga terdapat di wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, sebagian besar wilayah Sulawesi dan Kalimantan, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

 

Editor:Rony Sitanggang

  • Cuaca Ekstrem
  • BMKG
  • Siklon Tropis Paddy
  • Sirkulasi Siklonik

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!