HEADLINE

COVID-19: 29 Ribu Anak Kehilangan Orang Tua

"Bintang menyebut, ribuan anak itu membutuhkan dukungan psikososial."

Wahyu Setiawan

29 Ribu Anak Kehilangan Orang Tua
Peziarah berdoa di TPU Covid-19 Bambu Apus, Jakarta Timur. (Foto: antaranews)

KBR, Jakarta - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengatakan, lebih dari 29 ribu anak kehilangan orang tuanya akibat pandemi Covid-19. Bintang menyebut, ribuan anak itu membutuhkan dukungan psikososial. Itu disampaikannya dalam acara "Pelaksanaan Dukungan Psikososial Bagi Anak-anak Terdampak Covid-19", yang diikuti lebih dari 2 ribu anak di semua provinsi secara virtual.

"Dari pendataan yang kami kerja sama dengan Unicef itu memang, hampir hari ini 29.822 anak-anak yang kehilangan salah satu atau kedua orang tuanya karena Covid-19. Tentu hari ini kami sangat berbahagia sekali karena pendampingan psikososial ini adalah merupakan hal yang sangat penting untuk mengembalikan semangat anak-anak yang ditinggalkan salah satu atau kedua orang tuanya," kata Bintang Puspayoga, Selasa (2/11/2021).

Baca juga:

Ada Ancaman Ledakan Kasus, WHO Ingatkan RI Tak Kendurkan Tes Covid-19

Presiden Minta Ada Mitigasi Gelombang Ketiga Covid-19

Menteri PPPA berharap, pendataan yang dilakukan kementeriannya bersama dengan Kementerian Sosial segera terselesaikan, agar anak-anak yang terdampak bisa mendapat uluran tangan.

Di tempat sama, Menteri Sosial Tri Rismaharini menyebut, kementeriannya telah mendata sekitar 24 ribuan anak yang bisa diberikan bantuan. Namun kata dia, angka itu belum diverifikasi secara detil, sebab dibutuhkan kecepatan pendataan dari daerah.

Editor: Fadli Gaper

  • Yatim
  • Anak Yatim Piatu Akibat Akibat Covid-19

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!