HEADLINE

Tak Jadi Ke Australia, Jokowi Butuh Konsolidasi Dengan Tokoh Agama

Tak Jadi Ke Australia, Jokowi Butuh Konsolidasi Dengan Tokoh Agama

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo memastikan kondisi Indonesia saat ini aman, pasca unjuk rasa pada Jumat, 4 November 2016. Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo saat melakukan video conference dengan diaspora Indonesia yang berada di gedung pertemuan Sydney Showground, Sydney Olympic Park Australia, Minggu siang 6 November 2016.


Meski demikian, kata Jokowi, pemerintah masih membutuhkan konsolidasi dengan tokoh agama sehingga belum dapat ke Australia yang sudah dijadwalkan pekan ini.


"Tetapi, masih memerlukan konsolidasi-konsolidasi politik, konsolidasi-konsolidasi kenegaraan. Oleh sebab itu, kemarin pagi sampai tengah malam, kita terus undang tokoh-tokoh politik, tokoh-tokoh agama, untuk memberikan masukan-masukan," jelas Jokowi, Minggu (6/11).


Menurutnya, konsolidasi dengan tokoh agama tersebut dibutuhkan untuk memberikan masukan kepada pemerintah agar tercipta rasa aman di dalam negeri.  


"Saya sampaikan bahwa kondisinya aman, stabilitas politik juga tidak ada masalah, sehingga tidak ada yang perlu di khawatirkan," ujar Jokowi.


Selain itu kata dia, pemerintah terus berusaha mengejar ketertinggalan yang terjadi di tanah air dengan negara lain. Terutama, pembangunan sumber daya manusia (SDM) dengan cara yang masif dan besar-besaran.


"Masalah besar yang kita hadapi adalah yang berkaitan dengan ketimpangan, kemiskinan, pengangguran. Oleh sebab itu, untuk mengejar ini, kita terus melakukan percepatan-percepatan pembangunan infrastruktur, percepatan-percepatan kebijakan di regulasi yang kita harapkan bisa bersaing, berkompetisi dengan negara-negara lain," tambahnya.

Baca: Aksi 4 November, Polisi Bebaskan 10 Orang Terduga Provokator

Presiden Joko Widodo menggelar dialog bersama warga negara Indonesia yang berada di Sydney, Australia. Percakapan jarak jauh yang dilakukan lewat video conference itu digelar di Istana Kepresidenan Bogor, Minggu, 6 Oktober 2016. Dari hasil perbincangan Presiden Jokowi dengan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull kemarin siang, pemerintah Indonesia tetap akan mengunjungi Australia. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap kunjungan kerja tetap bisa dilakukan bulan ini.

Acara video conference itu dipandu oleh dua presenter, yaitu Tike Priatnakusumah dan Ronald Surapradja. Dalam kesempatan itu, Duta Besar Indonesia untuk Australia Nadjib Riphat Kesoema mengatakan ada dua menteri yang telah menggelar pertemuan dengan perwakilan pemerintahan Australia. Mereka adalah Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong.

Editor: Sasmito

  • Aksi 4 November
  • Presiden Jokowi
  • Australia

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!