Pendamping: Filep Dipaksa ke Luar Penjara

Dia merasa masih empat tahun lagi menghuni penjara.

, BERITA , NASIONAL

Kamis, 19 Nov 2015 12:17 WIB

Author

Quinawaty Pasaribu

Pendamping: Filep Dipaksa ke Luar Penjara

Tahanan politik di Papua Filep Karma yang

KBR, Jakarta- Aktivis Kemerdekaan Papua, Filep Jacob Samuel Karma, dipaksa ke luar dari Lembaga Pemasyarakatan Abepura, hari ini. Pendamping Filep, Ruth Otegay mengatakan, Filep dipaksa ke luar oleh Kalapas Abepura dan Kemenhukham wilayah Papua. Pasalnya kata dia, terjadi pembicaraan kemarin yang berujung untuk meminta Filep ke luar penjara. Padahal kata dia, Filep tak mau keluar meski mendapat remisi dasawarsa lantaran ia merasa masa tahanannya masih empat tahun lagi.

"Tawar menawar itu mereka suruh Bapak Filep keluar dari LP tidak boleh lagi di dalam. Padahal Bapak Filep kan bukan tahanan kriminal. Jadi kalau Bapak Filep terima itu remisi, berarti dia mengakui bersalah. Jadi dia tak mau keluar, sampai akhirnya Kalapas dan Kanwil memaksa Bapak Filep keluar," ujarnya saat dihubungi KBR, Kamis (19/1!).

Filep Jacob Samuel Karma adalah aktivis kemerdekaan Papua. Ia dikenakan pasal makar dan divonis 15 tahun penjara lantaran mengibarkan bendera Bintang Kejora pada 1 Desember 2004.

Sebelumnya ia juga disempat menerima grasi dari Presiden Joko Widodo, tapi ia menolaknya. Ia berkeras tak bersalah, sehingga pembebasannya pun harus tanpa syarat atau dengan abolisi.  

Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Tak Berpihak Pada Nelayan, Pemerintah Didesak Revisi Perda Zonasi Wilayah Pesisir

Seleksi Capim KPK

Memulai Usaha dengan Modal Minim