HEADLINE

BKSDA Pangkalan Bun Selamatkan Orangutan dari Kebun Warga

"Orangutan itu masuk ke permukiman warga lantaran habitatnya rusak karena kebakaran."

Alex Gunawan

BKSDA Pangkalan Bun Selamatkan Orangutan dari Kebun Warga
Orangutan yang diambil dari kebun warga di Pangkalan Bun, Kalteng (Foto: Hartono KSDA)

KBR, Pangkalan Bun - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah (Kalteng) Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Pangkalan Bun mengevakuasi individu Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus). Orang utan itu diambil dari kebun warga di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Arut Selatan (Arsel), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Menurut Kepala BKSDA Kalteng SKW II Pangkalan Bun Hartono, orangutan itu masuk ke permukiman warga lantaran habitatnya rusak  karena kebakaran. Orangutan yang berhasil dievakuasi berjenis kelamin betina dengan berat 30 kilogram dan diperkirakan berumur antara 13 sampai 15 tahun.


"Masyarakat yang berkebun, pada saat mau ambil air untuk menyiram tanaman, ada orangutan kelihatannya mau ambil minum. Cari sumber mata air, langsung melapor ke kita, ke Kantor BKSDA," kata Hartono, Rabu (04/11).

Hartono mengaku bakal menempatkan anggotanya untuk melakukan penyisiran di sekitar kebun. Pasalnya, berdasarkan informasi warga, orangutan kerap mencari sumber air dan makanan di wilayah ini. Sehingga kemungkinan masih ada orangutan lain yang berkeliaran di sekitar lokasi evakuasi.


Editor: Rony Sitanggang 

  • orangutan
  • Kepala BKSDA Kalteng SKW II Pangkalan Bun Hartono
  • orangutan masuk permukiman
  • kotawaringin barat

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!