BERITA

Pengen Merek Bisnis Anda Sukses? Ini Konsep ART ala Menteri Sandiaga Uno

merek bisnis
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam acara di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (16/9/2021). (Foto: ANTARA/Foto Didik Suhartono)

KBR, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendorong para pebisnis pemula dan entrepreneur pemula untuk memegang konsep ART dalam penciptaan suatu merek atau brand.

Sandiaga mengatakan, ART yang dimaksud adalah kepanjangan dari Autentik, Relevan, dan Talkable.

Sandiaga mengatakan tiga unsur itu harus dipenuhi, agar merek atau brand yang diciptakan dapat meraih sukses di pasaran.

"Jadi pebisnis atau entrepreneur tangguh harus bisa menciptakan ART yakni Autentik, Relevan, dan Talkable. Harus orisinil, dibutuhkan saat ini kemarin dan yang akan datang, dan menjadi buah bibir. Ciptakan brand tersebut, kalian pasti akan sukses," kata Sandiaga dalam acara Creative TalkShow Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 Surabaya X Semarang yang disiarkan Youtube Kemenparekraf, Jumat (15/10/2021).

Baca juga:


Menurut Sandiaga, konsep ART harus dipegang oleh para pebisnis pemula dan para entrepreneur yang ingin menciptakan brand.

Konsep ART, kata Sandiaga, mengedepankan pemosisian produk kreatif yang autentik, relevan dengan kemauan pasar atau kekinian, dan harus menjadi buah bibir atau viral di tengah masyarakat.

"Harus kuat positioning-nya, mau tidak sama dengan yang lain atau autentik. Autentik biasanya nempel dengan owner-nya. Brand harus relevan, jangan jadul. Talkability, harus menjadi buah bibir, viral, harus menjadi magnet dan dimiliki oleh brand tersebut," tuturnya.

Saat ini tingkat kewirausahaan atau entrepreneurship di Tanah Air masih lebih rendah jika dibandingkan negara lain di Asia Tenggara. Jumlah wirausaha Indonesia baru sekitar 3,47 persen dari total penduduk.

Angka itu di bawah negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand. Di dua negara itu, tingkat kewirausahaan sudah berada di sekitar 4,74 persen dan 4,26 persen. Sedangkan, Singapura menjadi yang tertinggi yakni sebesar 8,76 persen.

Baca juga:


Editor: Agus Luqman

  • startup
  • Sandiaga Uno
  • entrepreneur
  • UMKM
  • merek bisnis

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!