BERITA

Pipa Pertamina Bocor, Polisi Periksa Pekerja Proyek Kereta Cepat KCIC

""Saat ini sudah 10 orang diperiksa baik dari PT KCIC, Pertamina dan dua orang asing yang selamat.""

Kevin Candra, Arie Nugraha

Pipa Pertamina Bocor, Polisi Periksa Pekerja Proyek Kereta Cepat KCIC
Foto udara kebakaran pipa minyak PT Pertamina di Cimahi, Jawa Barat, Selasa (22/10/2019). (Foto: ANTARA/Raisal Al Farisi)

KBR, Jakarta - Polisi Republik Indonesia (Polri) mengklaim telah meminta keterangan 10 orang saksi terkait kebakaran pipa Pertamina di Cimahi, Jawa Barat.

Kebakaran terjadi di Kilometer 130 jalan tol Purbaleunyi, Jawa Barat.


Juru bicara Mabes Polri Asep Adi Saputra mengatakan, saksi yang diminta keterangan terdiri dari pekerja proyek Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) dan Pertamina.


"Saat ini sudah 10 orang diperiksa baik dari PT KCIC, Pertamina dan dua orang asing yang selamat. Dan laporan dari Puslabfor Polri saat ini masih ditunggu," juru bicara Mabes Polri Asep Adi Saputra di Grand Sahid Jaya, Senin (28/10/2019).


Kebakaran besar terjadi pada pipa penyalur bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamina Dex di kilometer 130, Kampung Mancong Kelurahan Melong, Cimahi Selatan, Jawa Barat.


Pipa tersebut diduga bocor karena adanya pengerjaan kontruksi di jalur Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).


Kepolisian Jawa Barat telah memantau insiden kebakaran itu di lokasi kejadian.  


Kapolda Jawa Barat Rudy Sufahriadi mengatakan berdasarkan laporan yang diterima, sebelum peristiwa tersebut terjadi ada seorang pekerja yang menancapkan benda keras yang mengenai pipa penyaluran BBM.


Akibatnya terjadi ledakan pada Selasa, 22 Oktober lalu, sekitar pukul 14.00 WIB.


“Sekarang sedang kita tangani. Diduga korban kemungkinan ini, karena kita belum lihat. Diduga satu operatornya alat berat. Kita akan nanti sama-sama teliti setelah padam,” kata Rudy di lokasi kejadian, Bandung, Selasa (22/10/2019).


Rudy menyebutkan belum bisa memastikan status kewarganegaraan korban terbakarnya pipa penyaluran BBM jenis Premium milik PT Pertamina tersebut.


Rudy berjanji akan menyelidiki adanya kelalaian dalam proses pembanguan tiang pancang jalur kereta api cepat.


Akibat kebakaran itu, aparat kepolisian melakukan rekayasa arus lalu lintas di jalan tol. Ruas jalan yang bedekatan dengan lokasi kebakaran dilakukan penutupan sementara, sedangkan ruas jalan sebaliknya berjala normal.


Editor: Agus Luqman 

  • KCIC
  • pertamina bocor
  • pipa pertamina
  • PT Pertamina

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!