Pemerintah Segera Putuskan Status Karhutla

Presiden telah memerintahkan untuk mengkaji kembali apakah status bencana tersebut perlu dinaikkan.

BERITA | NASIONAL

Jumat, 23 Okt 2015 18:34 WIB

Author

Erric Permana

Pemerintah Segera Putuskan Status Karhutla

Ilustrasi: Karhutla di OKI, Sumsel (Sumber: BNPT)

KBR, Jakarta - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Luhut Pandjaitan menyatakan dalam waktu dekat pemerintah akan memutuskan  kebakaran hutan dan lahan  menjadi bencana nasional atau tidak.

Menurut dia, presiden telah memerintahkan  untuk mengkaji kembali apakah status bencana tersebut perlu dinaikkan. Meski demikian, dia mengklaim selama ini penanganan kebakaran hutan dan kabut asap sudah seperti bencana nasional.

"Kami diperintahkan untuk lakukan kajian singkat dalam waktu dekat ini. Statusnya mau kita apakan. Tetapi saya beritahu kepada anda, tindakan yang kami lakukan sekarang levelnya sudah seperti level darurat nasional. Karena kami tahu ini rakyat tidak bisa menunggu lama," ujar Luhut di Kantor Presiden, Jumat (23/10).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Luhut Pandjaitan untuk mengendalikan kebakaran hutan dan lahan serta kabut asap. Nantinya, ada 21 jajaran kementerian yang berada di bawah Kemenkopolhukam. 


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Stephanie: Mengubah Stigma Menjadi Empati