HEADLINE

Larang Peringatan Asyura, Komnas HAM akan Panggil Bima Arya

"Apabila tidak mendapatkan jawaban hingga tiga kali, maka Komnas HAM akan memanggil Walikota Bogor tersebut."

Yudi Rachman

Larang Peringatan Asyura, Komnas HAM akan Panggil Bima Arya
Ilustrasi: Aksi menolak peringatan Asyura di Bandung (Foto: KBR/Arie N.)

KBR, Jakarta - Komnas HAM berencana memanggil Walikota Bogor Bima Arya jika surat teguran dari lembaga tersebut tidak mendapatkan jawaban. Menurut Anggota Komnas HAM Imdadun Rahmat, surat yang dikirim ke Walikota Bogor merupakan teguran keras agar pemerintah Kota Bogor memberikan jaminan kepada seluruh umat beragama dan berkeyakinan menjalankan ibadahnya.

Kata Imdadun, apabila tidak mendapatkan jawaban hingga tiga kali, maka Komnas HAM akan memanggil Walikota Bogor Bima Arya tersebut.

"Nanti kita akan surati lagi untuk mendapatkan perhatian atas surat teguran surat Komnas HAM itu kalau tidak ada tanggapan juga ya nanti kita panggil. Kita akan surati tiga kali tidak ada tanggapannya atau penjelasan lewat surat ya kita nanti akan panggil," jelas Imdadun, Anggota Komnas HAM Bidang Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan kepada KBR, Rabu (28/10/2015)

Anggota Komnas HAM bidang Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan Imdadun Rahmat menambahkan, pemerintah baik pusat maupun daerah tidak memilik hak melarang ritual keagamaan apa pun. Jika alasan menjaga ketertiban, maka seharusnya pemerintah kota Bogor menjaga jalannya ritual ibadah hari Asyura tersebut supaya tidak menimbulkan gangguan.

Sebelumnya Walikota Bogor, Bima Arya mengeluarkan surat edaran larangan memperingati hari Asyrura bagi penganut Syiah. Alasannya untuk menjaga keamanan. Peringatan Asyura, dilaksanakan hari ke-10  bulan Islam Muharram. Ritual ini memperingati kematian Imam Hussein, cucu Nabi Muhammad, yang tewas dalam pertempuran abad ke-7 di Karbala. 

Editor: Rony Sitanggang

  • peringatan asyura
  • imam husein
  • penganut syiah di bogor
  • walikota Bogor Bima Arya
  • Toleransi
  • Syiah
  • Bogor
  • asyura
  • petatoleransi_08Jawa Barat_merah

Komentar (1)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • fajar8 years ago

    stelah syiah...jangan sampai isis ikut"an manfaatkan komnas ham,bisa jadi ..."Larang faham isis (khawarij) berkembang di indonesia, Komnas HAM akan Panggil Presiden RI"...bisa hancur nkri di tangan komnas ham