Komunitas Kristen Aceh Singkil Berharap di Setiap Desa ada Gereja

Alasannya jarak antar desa yang jauh.

BERITA | NASIONAL

Senin, 19 Okt 2015 22:31 WIB

Author

Rio Tuasikal

Komunitas Kristen Aceh Singkil Berharap di Setiap Desa ada Gereja

Ilustrasi: Gereja di Aceh Singkil dibakar massa (Foto: KBR/Ist)

KBR, Aceh Singkil - Komunitas  Kristen di Aceh Singkil, Aceh, menginginkan pendirian satu gereja di tiap desa. Sedangkan, jumlah desa se-Aceh Singkil adalah 116 desa. Pendeta Gereja Protestan Pakpak Dairi (GPPD) Paima Berutu mengatakan, jumlah gereja yang diinginkan sudah lama disampaikan oleh kelompok Kristen di sana. Sebab, saat ini gereja masih terlalu sedikit dan memiliki jarak yang jauh. Kondisi ini diperparah dengan pemerintah Aceh Singkil yang membongkar 10 gereja dan menyisakan 13 gereja saja se-Aceh Singkil.

"Kalau permohonan kami, harusnya satu desa ada gereja. Itu harus," jelasnya kepada KBR, Senin (19/10/2015) malam.

Pendeta GKPP, Paima Berutu, menjelaskan setelah pembongkaran, jemaatnya harus menempuh perjalanan 30 menit untuk sampai ke gereja terdekat. Sebab gereja terdekat ada di desa sebelah yang berjarak 3 - 4 kilometer.

Sebelumnya, pemerintah Aceh Singkil sudah membongkar 3 gereja di kabupaten tersebut Senin (19/10). Berdasarkan kesepakatan, ada 7 gereja lain yang akan dibongkar  Selasa  (20/10/2015). Pemerintah Aceh Singkil dan kelompok Kristen sepakat hanya mempertahankan 13 gereja se-Aceh Singkil, sementara sisanya akan dibongkar. Kesepakatan itu diambil dalam pertemuan Jumat lalu setelah dua gereja di daerah itu dibakar dan terjadi bentrokan.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Pegawai KPK Berstatus ASN, Independensi KPK Terancam