HEADLINE

KemenPU Janjikan Kompensasi Jatigede Rampung Sebelum Setahun

"Menteri Basuki memastikan proses ganti rugi terus berlangsung hingga kini."

KemenPU Janjikan Kompensasi Jatigede Rampung Sebelum Setahun
Waduk Jatigede (Foto: Situs PU)

KBR, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat berjanji kompensasi warga Jatigede akan rampung kurang dari setahun. Menteri PU, Basuki Hadimuljono, memastikan proses ganti rugi terus berlangsung hingga kini.

"Ini bukan kita menyengsarakan mereka. Kita amati terus untuk ganti ruginya, masalah sosial, dan situs budayanya," ujarnya di Jakarta, Selasa (20/10/2015) sore.


"Saya bicara dengan pemuka masyarakat di sana: Situs di situ bukan hanya milik Sumedang tapi juga saya sebagai orang Indonesia," jelasnya lagi.


Waduk Jatigede resmi digenangi pada 31 Agustus lalu. Waduk seluas 5 ribu hektar itu akan melibas 28 desa dan menggusur rumah bagi 40.000 warga.


Pemerintah mengoperasikan waduk tersebut di tengah penghitungan kompensasi yang belum selesai bagi 11.000 warga. Warga menilai kompensasi yang diberikan terlalu rendah. Di samping itu, pemberian kompensasi juga diwarnai beragam masalah seperti salah hitung, salah orang, atau salah data.


Editor: Rony Sitanggang

  • ganti rugi waduk jatigede
  • Menteri PU
  • Basuki Hadimuljono
  • waduk jatigede sumedang
  • kompensasi bagi 11 ribu keluarga

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!