HEADLINE

Karhutla di Sumsel, Api Mulai Dekati Permukiman

Karhutla di Sumsel, Api Mulai Dekati Permukiman

KBR, Palembang - Kebakaran lahan dan hutan di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan mulai merambat ke permukiman. Menurut Kepala Badan nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangiley, ada satu desa di Air Sugihan, OKI yang mulai terkepung api. Kata Willem, pesawat cargo air Thor milik Australia sedang berusaha melokalisir api agar tidak mengarah ke permukiman. Kata dia, angin yang kencang dan tebalnya lahan gambut yang terbakar membuat pemadaman tidak bisa cepat.

"Jadi  kita upayakan semakin hari semakin berkurang termasuk asapnya. Tadi dari pesawat ini saya dengar ada kebakaran yang merambat begitu cepat karena angin yang kencang. Sampe deket situ kurang lebih 2 mil, hampir 4 km gitu ada desa yang kira-kira ditempati 10 keluarga di sana lalu mereka berusaha untuk melokalisir kebakaran itu supaya tidak merembet ke rumah teraebut. Lokasinya di Air Sugihan, OKI," jelas Willem Rampangiley.


Willem menambahkan, upaya pemadaman terus dilakukan dengan mengandalkan kekuatan udara dan darat.Kata dia, pesawat-pesawat bantuan asing di Sumsel dimaksimalkan untuk memadamkan api yang berjumlah 297 titik api.


Editor: Rony Sitanggang

  • karhutla sumsel
  • api mengurung permukiman
  • Kepala BNPB Willem Rampangiley
  • desa air sugihan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!