HEADLINE

Karhutla, Tahun Depan BNPB Beli Pesawat Pemadam

"BNPB Masih mengkaji jumlah dan jenis pesawat."

Erric Permana

Karhutla, Tahun Depan BNPB Beli Pesawat Pemadam
Ilustrasi (Sumber: Setkab)

KBR, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan pada tahun depan pemerintah akan membeli pesawat untuk pemadaman kebakaran hutan dan lahan. Meski demikian, Juru Bicara BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dirinya masih belum mengetahui berapa dan jenis pesawat apa yang akan dibeli. Hal itu masih akan dikaji kembali.

"Pemerintah Indonesia akan membeli pesawat atau helikopter water bombing. Tipe pesawat yang akan kita beli tidak hanya untuk kebakaran hutan, tetapi multifungsi. Misalnya daerah-daerah terpencil di kawasan Indonesia Timur sehingga bisa mudah. Digunakan untuk patroli dan sebagainya," ujar Sutopo kepada KBR, Jumat (30/10).

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro juga menyatakan pemerintah akan membeli pesawat untuk keperluan bencana. Rencana ini dimasukkan dalam pagu anggaran Kementerian Lingkungan Hidup dan BNPB. Kementerian Lingkungan Hidup menyiapkan anggaran Rp250 miliar dan BNPB Rp700 miliar untuk penanggulangan kebakaran hutan. 


Editor: Rony Sitanggang

  • karhutla
  • pesawat pemadam
  • Juru Bicara BNPB
  • Sutopo Purwo Nugroho
  • water bombing
  • anggaran 2016

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!