HEADLINE

Jokowi: Tidak Perlu Evakuasi Warga Terdampak Asap ke Luar Kota

"Evakuasi bisa dilakukan di kantor-kantor pemerintahan di darah terdampak."

Erric Permana

Jokowi: Tidak Perlu Evakuasi Warga Terdampak Asap ke Luar Kota
Presiden Joko Widodo (Foto: www.setkab.go.id)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo menilai evakuasi warga yang terdampak asap kebakaran hutan dan lahan tidak perlu dilakukan ke luar kota. Hal ini disampaikan Jokowi saat menggelar rapat terbatas pagi ini. Presiden mengatakan evakuasi bisa dilakukan di kantor bupati atau kantor lainnya yang diubah menjadi tempat isolasi atau aman dari asap. Menurutnya, jika mengevakuasi warga ke luar kota bakal sulit dilakukan.

"Menteri kesehatan saya pikir juga tidak perlu dievakuasi di luar kota karena bisa saja evakuasi itu dilakukan di kota itu, mungkin di kantor bupati atau kantor lainnya yang dipakai khusus bayi dan anak yang diberi apa pembersih udara," ujar Jokowi di kantornya, Jumat (23/10).


Jokowi juga meminta rumah sakit dari swasta ataupun BUMN membantu warga yang terkena dampak asap.


"Kemudian yang berkaitan dengan kesehatan syaa kira agar bu menteri ini dimobilisasi dari swasta dan BUMN. Saya kira harus sudah mulai ke arah sana. Baik untuk yang berkaitan dengan ISPA yang berkaitan dengan kesehatan lainnya yang terdampak dari asap," tambahnya.


Sebelumnya, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Luhut Pandjaitan merencanakan evakuasi warga yang terdampak asap. Khususnya di Kalimantan dan Sumatera. Warga yang akan dievakuasi yakni kelompok rentan. Luhut menyatakan TNI telah menyiagakan sejumlah kapal perang untuk menampung warga.

Editor: Dimas Rizky

  • lingkungan hidup
  • kabut asap
  • kebakaran hutan dan lahan
  • Evakuasi
  • berita

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!