HEADLINE

DPR Loloskan 5 Calon Komisioner KY

DPR Loloskan 5 Calon Komisioner KY
Ketua Komisi Hukum DPR, Aziz Syamsuddin (foto: KBR/Bambang H.)

KBR, Jakarta - Komisi Hukum  DPR  meloloskan lima nama calon anggota Komisi Yudisial, dalam sidang pleno siang ini. Kelima nama itu dipilih dari tujuh pasangan kandidat. Ketua Komisi Hukum DPR, Aziz Syamsuddin menjelaskan kelima nama ini selanjutnya  disahkan dalam Paripurna DPR.

"Nama-nama yang kami loloskan untuk dibawa ke  dalam Rapat Paripurna adalah; Saudara Maradaman Harahap, Saudari Sukma Violetta, Saudara Soemartoyo, Saudara Djoko Sasmito, dan Saudara Farid Wazdi," kata Aziz dalam Rapat Pleno di Komisi Hukum DPR.


Sedangkan, dua nama yang ditolak adalah Wiwiek Awiati dan Haryono. Terkait penolakan dua kandidat itu, Aziz mengatakan, keduanya dianggap gagal memenuhi standar yang ditetapkan oleh tiap-tiap anggota komisi yang terdiri dari 10 fraksi. Misalnya, dua calon itu tidak mampu menjawab sejumlah pertanyaan yang diajukan dalam proses uji kepatutan dan kelayakan yang telah dilakukan sebelumnya.


Selanjutnya, Komisi Hukum DPR bakal meminta Pemerintah untuk mencari dua kandidat lain untuk menggantikan dua nama yang telah dicoret.


Editor: Rony Sitanggang

  • 5 komisioner ky
  • paripurna dpr
  • Ketua Komisi Hukum DPR
  • Aziz Syamsuddin

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!