HEADLINE

BPBD Kalteng Masih Bingung Evakuasi Warga

"Teknis evakuasi masih dibahas. Begtu juga tempat yang dituju."

Agus Lukman

Kabut asap di Kotawaringin Barat. (Foto: KBR/Alex)
Kabut asap di Kotawaringin Barat. (Foto: KBR/Alex)

KBR, Jakarta- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Tengah belum bisa memastikan kapan akan mengevakuasi warga yang menjadi korban kabut asap. Kepala BPBD Kalimantan Tengah Brigong Tom Moenandaz mengatakan pemerintah daerah masih membahas teknis evakuasi karena baru saja mendapat arahan dari pemerintah pusat. Namun BPBD Kalimantan Tengah telah memilih beberapa wilayah yang bakal jadi tempat evakuasi.

"Sore ini belum ada keputusannya. Kita masih harus menyiapkan tempat di Kuala Kapuas, Banjarmasin, atau mungkin juga Banjarbaru. Pokoknya di daerah yang asapnya tidak terlalu pekat," kata Brigong dalam program KBR Pagi, Jumat (23/10).


"Saya sudah ke lapangan, warga bingung kalau dievakuasi. Bagaimana nasib rumah kami kalau nanti kehilangan. Ini mereka banyak pertimbangan. Kalau terjadi pencurian. Kalau jaminan keamanan, mau tidak mau. Tapi kalau harus dijaga satu-satu, berapa banyak rumah yang harus diawasi?" tambahnya.


Pemerintah pusat saat ini tengah menyiapkan skenario evakuasi bagi warga yang menjadi korban asap akibat kebakaran hutan dan lahan. Tingkat bahaya asap di sejumlah daerah di Sumatera dan Kalimantan makin memburuk. Presiden Joko Widodo mengeluarkan Inpres untuk dijadikan landasan hukum bagi kementerian dan pemerintah daerah dalam menangani bencana kabut asap yang kian pekat. 

Editor: Dimas Rizky

  • lingkungan hidup
  • kebakaran hutan dan lahan
  • kabut asap
  • Evakuasi
  • berita

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!