HEADLINE

Akhirnya, Pemerintah Buka Peluang Evakuasi Warga Terdampak Kabut Asap

"Salah satu opsi evakuasi adalah ke kapal perang milik TNI."

Eli Kamilah

Akhirnya, Pemerintah Buka Peluang Evakuasi Warga Terdampak Kabut Asap
Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan (Foto: www.setkab.go.id)

KBR, Jakarta- Pemerintah tengah bahas upaya evakuasi warga di Kalimantan, Sumatera dan Riau. Menurut Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan, warga akan dievakuasi ke wilayah selatan dari titik yang terdampak kebakaran asap. Salah satunya kata Luhut, evakuasi ke Banjarmasin untuk wilayah Kalimantan Tengah. Jika wilayah itu pun terkena asap, maka warga akan dievakuasi ke kapal perang milik TNI atau pelni .

"Evakuasi kita pertimbangkan kembali, jadi gubernur sudah ada otoritas. Kalau ISPUnya parah, kita bawa ke wilayah selatan misalnya Banjarmasin. Kalau makin parah kita akan gunakan kapal perang atau kapan pelni untuk bisa tinggal di sana sementara," ujarnya dalam konferensi pers soal penanganan kabut asap, Kamis (22/10).


Luhut menambahkan nantinya Kementerian Kesehatan akan mengeluarkan acuan ISPU di berbagai daerah terdampak kabut asap. Evakuasi, lanjut dia akan difokuskan untuk bayi dan balita.

Sebelumnya sejumlah warga di beberapa daerah sudah melakukan evakuasi secara mandiri. Di Palangkaraya misalnya, sejumlah keluarga memilih meninggalkan rumah mereka untuk pergi ke Banjarmasin.

Editor: Dimas Rizky

  • lingkungan hidup
  • kabut asap
  • pembakaran lahan
  • Evakuasi
  • berita

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!