Pelajar di Malang Ungkap Pencemaran Sungai Brantas

Kondisi air di hulu Sungai Brantas di Kota Malang, Jawa Timur, mulai tercemar ringan oleh limbah domestik rumah tangga. Di lokasi itu banyak ditemukan serangga yang toleran terhadap pencemaran.

NUSANTARA

Jumat, 03 Okt 2014 14:15 WIB

Author

Eko Widianto

Pelajar di Malang Ungkap Pencemaran Sungai Brantas

Pelajar di Malang, Pencemaran Sungai Brantas

KBR, Malang – Kondisi air di hulu Sungai Brantas di Kota Malang, Jawa Timur, mulai tercemar ringan oleh limbah domestik rumah tangga. Di lokasi itu banyak ditemukan serangga yang toleran terhadap pencemaran.

Temuan ini hasil pengamatan dan pemantauan sekitar dua ratusan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dari 10 sekolah di Malang. 

Menurut seorang guru biologi SMA Negeri 7 Malang, Tipuk Ujianti, para murid memantau menggunakan serangga air sebagai indikator kualitas air.

"Hewannya hewan air, plankton-plankton mulai serangga air. Kita klasifikasi grup A, grup B atau grup C. Diteliti dan ditulis dalam karya ilmiah," ujar  Tipuk Ujianti kepada Portalkbr, Jumat (3/10).

Selain mengamati kualitas sungai, para murid juga membersihkan Sungai Brantas dari berbagai sampah plastik. Sampah dikumpulkan dan diolah secara terpadu oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.