HEADLINE

Menkes: Kasus Kematian Akibat Covid-19 Turun

Makam meninggal karena COVID-19 di TPU khusus, Jombang, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (24/8/2021

KBR, Jakarta-  Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut secara nasional kasus kematian akibat Covid-19 mengalami penurunan. Budi mengungkapkan rata-rata kasus kematian angka kematian karena covid di Indonesia dalam sepekan berada di angka 400an orang.

"Angka kematian juga sudah menurun cukup drastis. Sekarang terakhir angka kematian hariannya ada di angka 270, rata-rata nya juga 460an. Ini sudah jauh dibandingkan dengan yang hampir mencapai angka 2.000 (kematian akibat covid) di masa-masa puncaknya," kata Budi saat rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Senin (13/9/2021).

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan, masih ada satu provinsi yakni Aceh dengan angka kematian akibat covid yang masih bertambah. Selain itu, beberapa daerah juga dilaporkan mengalami penurunan kasus yang lambat.

Baca juga: DPR: Penanganan COVID-19 Masih Jadi Rapor Merah Pemerintah

"Untuk tingkat kematian semuanya juga sudah sebagian besar sudah masuk ke level normal. Yang masih agak tinggi adalah Aceh, Riau, Bangka Belitung, Sulawesi Tengah, Bali, Yogyakarta, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur," katanya.

Provinsi Tertinggi Kasus Kematian karena Covid

Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah mengumumkan, 10 provinsi yang menjadi penyumbang kasus kematian akibat Covid-19 tertinggi pada Agustus 2021. Kesepuluh provinsi tersebut menyumbang sekitar 77 persen dari total angka kematian yang terjadi selama Agustus 2021.

"Di sini memang kontributor tertinggi dari Jawa Tengah di angka 8.912 kemudian Jawa Timur, Jawa Barat, nah di luar Jawa mulai masuk Kalimantan Timur dengan angka kematian 1.700-an, Lampung di angka 1.492, Jogja, Bali, Jakarta, kemudian masuk lagi di luar Jawa yaitu Riau dan Sumatera Utara," kata Dewi saat jumpa pers daring (1/9/21)

Baca juga: Akui Ada Keterlambatan Update Data Kematian COVID-19, Ini Saran PERSI

Ke 10 provinsi dengan laju angka kematian nasional tertinggi pada Agustus 2021 adalah Jawa Timur (1.214 jiwa), Jawa Barat (922 jiwa), Jawa Tengah (530 jiwa), Bali (329 jiwa), Sumatera Utara (222 jiwa), Kalimantan Timur (213 jiwa), Daerah Istimewa Yogyakarta (206 jiwa), Riau (193 jiwa), Lampung (179 jiwa) dan Kalimantan Selatan (150 jiwa). 

Editor: Rony Sitanggang

  • Covid-19
  • Satgas Covid-19
  • Kasus kematian
  • angka kematian covid
  • kematian akibat covid

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!