HEADLINE

Soal 3 Nama Tak Layak, Istana: Presiden Percaya Pansel KPK

"Pemerintah segera kirim delapan nama calon pemimpin KPK kepada DPR"

Aisyah Khairunnisa

Ilustrasi: Pansel serahkan delapan nama calon pemimpin KPK pada presiden, Selasa 1 September 2015 (F
Ilustrasi: Pansel serahkan delapan nama calon pemimpin KPK pada presiden, Selasa 1 September 2015 (Foto: KBR/Errick P.)

KBR, Jakarta - Istana menyatakan Presiden Joko Widodo percaya dengan pilihan delapan nama calon pimpinan KPK yang diserahkan panitia seleksi (Pansel) KPK. Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, delapan nama yang sudah diberikan pansel, sesuai pernyataan Jokowi kemarin, akan segera disiapkan suratnya untuk segera dikirim ke DPR.


"Ah, kan (nama capim) sudah diserahkan pansel. Sudah, presiden percaya sama pansel," kata Pratikno saat diwawancari KBR di Kantor Presiden, Rabu (2/9/2015).

Sebelumnya LSM antikorupsi Indonesia Corruption Watch (ICW) meminta presiden mencoret tiga dari delapan nama calon pimpinan KPK yang diserahkan Pansel KPK. ICW menilai tiga kandidat itu tidak layak menjadi pimpinan lembaga antirasuah itu.

Sesuai undang-undang, selepas presiden menyampaikan delapan nama ke DPR, DPR harus memilih lima nama yang akan menjadi Pimpinan KPK periode 2015-2019. Dua nama lain yakni, M Busyro Muqoddas dan Robby Arya Brata juga akan dipilih parlemen. Keduanya telah menjalani uji kepatutan dan kepantasan pada Desember lalu.


Editor: Rony Sitanggang



 

  • Pansel KPK
  • delapan nama
  • Menteri Sekretaris Negara Pratikno
  • presiden joko widodo

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!