Seribuan Hektare Lahan di Bondowoso Diserang Hama

Hama santomas, walang sangit, wereng dan tikus serang pertanian di Bondowoso.

BERITA | NUSANTARA

Senin, 14 Sep 2015 16:56 WIB

Author

Friska Kalia

Seribuan Hektare Lahan di Bondowoso Diserang Hama

Ilustrasi: panen padi di Bondowoso (Foto: KBR/Friska K.)

KBR, Bondowoso – Sedikitnya 1.000 hektare lahan pertanian di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, diserang berbagai jenis hama. Kepala Dinas Pertanian Bondowoso, Hindarto mengatakan jenis hama tersebut di antaranya hama santomonas, walang sangit, wereng batang coklat dan tikus.

“Hama tahun ini menurun dibanding tahun lalu lebih sedikit. Tahun lalu bisa diatas 3.000 hektare, sekarang hanya 1.000 hektare yang terserang berbagai jenis hama,” kata Hindarto saat ditemui KBR, Senin (14/9/2015).

Kepala Dinas Pertanian Bondowoso, Hindato, menambahkan serangan hama yang sebagian besarnya merupakan serangan ringan. Hal ini karena petani cepat dan tanggap untuk segera membasmi hama sehingga tidak menyebabkan gagal panen. Dinas Pertanian juga menyediakan peralatan dan obat tanaman gratis bagi petani yang padinya diserang hama.

Disperta mengklaim serangan ini tidak mempengaruhi produktifitas tanaman padi di Bondowoso. Ini terbukti dengan tingginya produksi beras tahun ini. Berdasarkan data Dinas Pertanian, Hingga akhir Agustus, tercatat jumlah produksi padi di Bondowoso sudah mencapai 365 ribu ton gabah kering giling (gkg) dari target 380 ribu ton yang dipatok untuk tahun ini.  

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Melimpah Limbah Medis

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11